Tips Menggunakan Pipa Hitam Schedule 40

pipa besi sch 40

Pipa hitam schedule 40 atau pipa besi sch 40 banyak digunakan pada bidang industri, seperti pertambangan minyak, pabrik gas, dan pembangunan gedung. Salah satu alasan utamanya adalah karena sifatnya yang anti korosi. Agar dapat memanfaatkan fungsi pipa ini dengan maksimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Ketahui Jenis Pipa Schedule 40

Pipa besi sch 40 tersedia dalam 2 jenis yang berbeda, yaitu welded dan seamless. Pipa schedule jenis welded cocok untuk aktivitas industri yang tidak banyak melibatkan proses hantaran panas. Pipa ini hadir dengan level keseragaman yang lumayan baik, serta harganya lebih terjangkau. Sedangkan pipa schedule jenis seamless cocok untuk penggunaan yang melibatkan panas.

Hal ini karena pipa seamless tahan terhadap panas, serta tebal dan kuat. Sehingga wajar jika pipa ini cenderung lebih mahal daripada pipa welded. Selain itu, pipa seamless terkadang memiliki permukaan yang tidak seragam.

Perhatikan Sambungan Pipa

Pipa besi sch 40 terbuat dari bahan baja yang membuatnya kuat dan tahan korosi. Namun, sambungannya memerlukan bahan yang lentur. Proses pemasangannya pun harus tepat, bisa dengan menggunakan kunci, lem, atau dilas agar material tidak bergeser dan tetap berada di posisinya. Pemilihan material untuk sambungan pipa pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Beberapa industri hanya perlu menggunakan lem, sementara beberapa lainnya membutuhkan sambungan pipa yang lebih kuat. Karena itu, lebih perhatikan dahulu tujuan penggunaan pipa schedule 40.

Ukur dan Uji Coba Pipa Setelah Dipasang

Setelah pipa schedule 40 selesai dipasang, ukur tekanan untuk mengetahui apakah pemasangan sudah tepat atau belum. Jika masih terdapat sedikit kebocoran, proses untuk memperbaikinya tidak begitu rumit. Walaupun begitu, disarankan untuk memasangnya secara tepat dan maksimal dari awal.

Lakukan uji coba sebanyak mungkin dengan beragam metode. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan sambungan pipa yang terbaik. Untuk kebutuhan industri yang lebih besar, sangat disarankan untuk membuat konstruksi bangunan yang sekuat mungkin.

Itu tadi adalah 3 tips yang bisa Anda ikuti untuk memaksimalkan penggunaan pipa hitam schedule 40.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *