Mengenal Kuliah S1 Data Science, Kembangkan Karir di Era Digital

kuliah S1 data science

Data science mungkin jarang terdengar, bahkan bukan jurusan yang banyak digemari. Padahal jurusan ini memiliki prospek kerja yang cerah, lho! Ya, data science atau sains data merupakan ilmu tentang pengelolaan dan interpretasi data dengan memanfaatkan formula statistika, bahasa pemrograman, dan tools. Mencakup berbagai bidang tentunya. Tertarik tidak nih kuliah S1 Data Science?

Nah, dalam belajar sains data Anda akan mendapati data yang tidak terstruktur dan terstruktur. Misalnya data keuangan dan demografi yang termasuk data terstruktur. Serta video, foto, media sosial, email, dan lainnya yang merupakan data tidak terstruktur. Buat kalian yang ingin kuliah S1 Data Science, yuk, kepoin lebih lanjut tentang data science!

Bagaimana Kuliah S1 Data Science?

Mempelajari data sains di bangku perkuliahan artinya belajar tentang bahasa pemrograman, khususnya yang digunakan untuk data mining atau pengelolaan data. Pengelolaan dan interpretasi data membutuhkan ilmu statistika yang termasuk ke dalam matematika.

Banyak yang dipelajari dari jurusan data science, kan? Ya, maka dari itu penting untuk memahami minat serta kemampuan sebelum memilih jurusan kuliah. Tak hanya pintar dalam bidang matematika, tetapi mahasiswa jurusan ini perlu memahami dengan baik cara berkomunikasi agar pengelolaan data yang didapatkan bisa disampaikan dengan baik. 

Apa saja mata kuliah dalam data science?

Penasaran apa saja mata kuliah jurusan data sains? Dimulai dari domain spesifik, metode numerik, sistem kecerdasan bisnis, basis data dan pemrograman SQL untuk Big Data, penambangan data dengan Python, teknologi Big data dengan cloud computing dan lain sebagainya. 

Bagaimana perkembangan data science?

Perlu diketahui, profesi di bidang data science antara lain data scientist, data analyst, serta data engineer. Tentunya, jurusan data science mempunyai prospek kerja yang cerah dengan penghasilan yang tinggi. Hal inilah yang membuat peminat dalam bidang data science semakin meningkat.

Akan tetapi, faktanya di Indonesia belum banyak jurusan data science. Eits, jangan kecewa karena ilmu data science bisa dipelajari di jurusan lain. Salah satunya memilih kuliah di jurusan matematika atau akuntansi. Sekadar informasi, universitas seperti ITS menawarkan tiga departemen antara lain, matematika, statistika, serta aktuaria.

Dengan kuliah S1 Data Science, Anda bisa bekerja di big data dengan latar belakang pendidikan jurusan statistika, matematika, teknik informasi, atau sistem informasi. Kuliah jurusan ini tentunya tidak mudah, apalagi data sains begitu kompleks, jika bukan bidangnya akan mengalami kesulitan. Di era digital seperti sekarang data science memiliki peran penting. Buat Anda yang penasaran tentang ilmu ini juga bisa mempelajarinya secara otodidak di media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *