Cara Kerja Genset Tipe Open

cara kerja genset

Genset atau generator set sangat diperlukan pada saat pasokan listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) terhenti, ataupun pada suatu area yang memang belum mendapat sambungan arus listrik. Genset ada tipe open dan tipe silent yang telah dilengkapi dengan rumah genset sebagai peredam suara. Harga genset open lebih murah. Berikut ini adalah cara kerja genset tipe open tersebut.

Mesin Pembakaran

Ada yang namanya bagian pembakaran. Cara kerja genset open menggunakan mesin pembakaran dalam, dengan menggunakan bahan bakar solar untuk jenis genset diesel atau pergunakan bahan bakat bensin. Pada saat mesin genset dihidupkan, maka bahan bakar akan disuntikkan ke dalam ruang bakar dan lalu dibakar untuk menghasilkan tenaga mekanis.

Mesin Pembangkit atau Generator Listrik

Tenaga mekanis yang dihasilkan oleh mesin pembakaran kemudian dipergunakan untuk menggerakkan generator. Generator tersebut fungsinya untuk mengonversi energi mekanis menjadi energi listrik dengan prinsip elektromagnetik.

Pendingin

Genset open memiliki sistem pendingin yang mirip kerjanya dengan genset silent, yakni bertujuan untuk menjaga suhu mesin supaya bisa tetap stabil selama operasi. Sistem pendingin tersebut bisa berupa radiator atau kipas pendingin yang membantu menghilangkan panas yang dihasilkan oleh mesin yang sedang bekerja.

Knalpot

Berbeda dengan genset silent, maka genset open biasanya dilengkapi dengan knalpot guna mengalirkan gas buang dari proses pembakaran ke luar mesin. Knalpot tersebut juga membantu mengurangi tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh mesin dengan meredam suara dari gas buang.

Guna penghematan biaya maka Genset open tidak dilengkapi dengan cangkang rumah genset untuk peredam suara seperti pada genset silent. Oleh karena itu, tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh genset open akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan genset silent.

Cara kerja genset open biasanya digunakan di lingkungan yang memungkinkan tingkat kebisingan yang lebih tinggi, seperti di area konstruksi pada suatu area terbuka, atau di pertambangan, atau di proyek-proyek sementara di luar ruangan. Sedangkan jika digunakan di area residensial atau komersial yang padat, maka akan berusaha ditempatkan di bagian kamar belakang dan area bawah tanah, guna meredam kebisingannya pada saat bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *