Apa Itu Atap Metal Pasir dan Apa Saja Kelebihannya?

cluster rumah dengan atap metal pasir

Ketika membangun rumah baik baru maupun renovasi total, banyak hal yang harus dipikirkan dan dipertimbangkan, dan salah satu aspek utama adalah atap rumah. Terdapat beberapa pilihan yang bisa dijadikan atap rumah berdasarkan bahan utama pembuatnya dan salah satunya adalah atap metal pasir. Apakah atap metal pasir dan apa saja kelebihannya?

Pengertian

Sesuai namanya, atap metal pasir adalah atap yang dibuat dari bahan utama metal dicampur dengan pasir dan bahan material bernama coraltex. Pencampuran kedua bahan ini dengan metal dalam proses pembuatan untuk membuat atap menjadi lebih tebal juga meningkatkan aspek estetika. Jika atap pada umumnya bertekstur halus dan licin, penggunaan pasir membuat atap jenis ini lebih kasar dan bertekstur.

Kelebihan

Atap metal pasir sekarang menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan pelindung rumah dari hujan dan panas matahari. Hal ini karena atap metal pasir memang memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya unggul dari atap yang dibuat dari material lain.

Kelebihan pertama dari atap jenis ini adalah tingkat ketahanan yang tinggi terhadap korosi. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat atap ini membuatnya mampu bertahan terhadap berbagai aspek cuaca seperti panas ekstrem, sinar UV, maupun hujan lebat. Dengan memilih atap metal pasir, Anda akan mendapatkan atap yang akan bertahan lama.

Kelebihan kedua dari atap berbahan metal pasir adalah sifatnya yang ringan sehingga mudah dipasang. Walaupun ringan, Anda tidak perlu kuatir tentang angin kencang asalkan pemasangan dilakukan dengan profesional. Karena bobotnya yang ringan dan pemasangan yang mudah, maka atap ini tidak akan membebani rumah Anda secara signifikan dan waktu pemasangan pun akan menjadi relatif singkat.

Selanjutnya, atap metal pasir memiliki kualitas mampu meredam suara. Salah satu kekurangan dalam menggunakan atap berbahan metal adalah akan menimbulkan suara keras dan berisik ketika hujan deras datang. Namun hal ini tidak akan terjadi ketika Anda menggunakan atap metal pasir karena campuran bahan lain seperti pasir dan coraltex membuatnya mampu meredam suara hujan.

Atap metal pasir juga tergolong sangat aman karena bahannya yang tahan petir dan anti api. Hal ini tentu saja akan membuat Anda sebagai pemilik rumah merasa sangat aman terlebih ketika sedang tidak berada di rumah. Atap metal pasir juga memiliki tekstur yang berbeda dan tersedia dalam berbagai warna sehingga akan membuat rumah Anda lebih indah dan estetis.

Itu lah pengertian dan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh atap metal pasir. Jika Anda memilih atap dengan bahan ini, pastikan Anda menggunakan jasa profesional untuk memastikan proses pemasangan yang tepat dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *