Selain Memilih Ukuran Genteng Metal Pasir, Ini 5 Tahap Lain Pada Pemasangan Atap!

ukuran genteng metal pasir yang ideal

Dalam pemasangan atap, ada serangkaian yang perlu diperhatikan selain menetapkan ukuran genteng metal pasir. Meski Anda barangkali tak akan terjun langsung untuk mengurusnya, mengetahui tahapan dapat membantu pemantauan. Apa saja yang biasanya dilakukan? Cek penjelasan lengkapnya di bawah ini!

  1. Sortir genteng yang dipilih

Setelah menentukan ukuran dan mendapatkan supplier yang sesuai, Anda perlu menyortir genteng. Tujuannya adalah memisahkan genteng yang layak pasang dan yang mengalami kecacatan. Dalam hal ini, Anda bisa saja mengajukan garansi kepada pihak toko untuk mengganti genteng. Jadi semua material dapat digunakan untuk membangun atap.

  1. Pengecatan kalau diperlukan

Apakah warna genteng yang disiapkan kurang menarik atau tak sesuai desain bangunan? Anda bisa melakukan pengecatan sebelum material disusun pada kerangka. Memang akan ada biaya tambahan yang dikeluarkan, tetapi tahap ini pun dapat dimanfaatkan untuk memberikan perlindungan ekstra. Dengan begitu, atap akan tahan lebih lama.

  1. Mengecek pemasangan kerangka

Kerangka atau seng yang dipasang sesuai ukuran genteng metal pasir perlu diperiksa ulang. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan tak ada masalah atau kendala. Kalau masalah baru ditemukan di tengah proses, tak menutup kemungkinan reng atau kerangka perlu dibongkar. Tak hanya mengulur waktu, proses ini tak jarang memerlukan dana tambahan.

  1. Genteng ditempatkan mendatar

Ketika pemasangan berlangsung, baris pertama genteng harus berada di puncak atap alih-alih di tepian. Kemudian, tempatkan genteng pada baris selanjutnya mengikuti yang ada di baris pertama. Lakukan terus sampai ke baris terakhir sambil sesekali mengecek kerapian dan kekuatan pada sekrup yang dipasang pada rangka atap.

  1. Aluminium foil sebagai pelindung

beberapa orang tak jarang menambahkan pelindung seperti aluminium foil untuk menangkal panas dari paparan sinar matahari. Material ini juga mampu menahannya agar tak menembus langsung ke plafon rumah. Aluminium sendiri dikenal elastis serta tahan terhadap air, sehingga tergolong sebagai bahan yang ramah lingkungan.

Demikian serangkaian tahap pada pemasangan atap setelah memilih ukuran genteng metal pasir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *