Wisata

Tourism Promotion Organization 2021 Sumut Tuan Rumah Sidang Umum

MEDAN, FaseBerita.ID – Provinsi Sumatera Utara kembali dipercaya menjadi tuan rumah even bertaraf internasional. Dalam Sidang Umum ke-9 Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pacific Cities, di Busan, Korea Selatan, Jumat (27/9/2019), Sumut ditetapkan menjadi Host City (tuan rumah) penyelenggaraan Sidang Umum ke-10 TPO (The 10th General Assembly TPO) 2021, melalui voting yang ketat dari beberapa negara.

TPO for Asia Pasific Cities merupakan suatu organisasi internasional yang berdiri sejak 2002, bertujuan untuk mengembangkan dan mempromosikan pariwisata di kawasan Asia Pasific, terutama jaringan anggota-anggotanya. Saat ini TPO beranggotakan 124 kota dari 15 negara.

The 9th General Assembly TPO dilaksanakan pada 25-28 September 2019, di Hotel Paradise Busan, Korea Selatan, yang dibuka secara resmi Gubernur Busan Oh Keo Don, dan dihadiri sebanyak 700 delegasi kabupaten/kota/provinsi dari 15 negara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Ria Novida Telaumbanua, yang memimpin delegasi Sumut mewakili gubernur Sumut, pada kesempatan itu memaparkan sekaligus mempromosikan potensi pariwisata dan kebudayaan Sumut pada sesi The 34th Executive Committee Meeting, agar Sumut dapat menjadi tuan rumah Sidang Umum TPO 2021.

Hal tersebut mendapat sambutan positif dan berhasil mendapatkan vote terbanyak dari member executive committee, serta pada waktu vote pleno dari seluruh member TPO yang hadir. Kemudian, Gubernur Busan Oh Keo Don menyerahkan bendera secara resmi kepada Kadisbudpar Sumut Ria Novida Telaumbanua, sebagai tanda ditetapkan Sumut sebagai tuan rumah Sidang Umum ke-10 TPO 2021.

“Diharapkan kedatangan delegasi pada Sidang Umum ke-10 TPO tahun 2021 nantinya tentu akan berdampak positif pada masyarakat Sumut, terutama dampak ekonomi dan terjadi peningkatan jaringan di antara member TPO pada saat itu. Kedatangan anggota delegasi ini juga akan mencapai target jumlah wisatawan mancanegara ke Sumut,” kata Ria.

Bupati Serdangbedagai Soekirman dan Bupati Samosir Rapidin Simbolon turut hadir dan mendukung sebagai bagian dari delegasi Sumut. Dalam sidang tersebut, kedua bupati juga ikut memberi paparan atas pembangunan kepariwisataan daerahnya.

Bupati Samosir menyampaikan keindahan Danau Toba dan keluhuran budayanya, sedangkan Bupati Serdangbedagai fokus untuk membangun wisata tani dan wisata desanya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah mengapresiasi kinerja Disbudpar Sumut, sekaligus mengarahkan kepada kepala Disbudpar mempersiapkan segala-sesuatunya secara matang sebagai tuan rumah, dengan berkordinasi ke berbagai pihak termasuk Kementerian Pariwisata dan stakeholder lain karena even ini membawa nama baik Indonesia di kawasan Asia Pasifik. (prn/ila/smg)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button