Wisata

Selain Samosir, Ada 7 Pulau lagi di Danau Toba

FaseBerita.ID – Selama ini, orang banyak mengira Samosir adalah satu-satunya pulau yang ada di Danau Toba. Pendapat itu ternyata salah kaprah.

Danau vulkanis terbesar di dunia itu, ternyata punya banyak pulau kecil lainnya yang tak kalah eksotis dengan Samosir. Semakin menguatkan jika Danau Toba pantas disematkan sebagai destinasi superprioritas.

Ada delapan pulau yang tersebar di areal Danau Toba. Pulau-pulau ini punya potensi dijadikan destinasi baru. Meskipun pulau-pulau bentukan erupsi itu belum dikelola secara baik.

Pemandangan Danau Toba nan indah memukau.

Keberadaan pulau-pulau ini semakin memperkaya narasi tentang Toba. Semoga pemerintah bisa memanfaatkan potensi pulau-pulau ini utuk dijadikan sebagai destinasi wisata yang mendukung kesejahteraan masyarakat.

1. Pulau Samosir

Pasti sudah tak asing lagi. Pulau yang hanya dipisahkan Jembatan Tano Ponggol dengan Sumatera ini masuk dalam daftar destinasi favorit jika ingin berwisata ke Danau Toba.

Samosir punya luas 630 ribu meter persegi. Hampir menyamai luas Singapura. Menjadikannya pulau terbesar di Danau Toba. Samosir sudah menjadi kabupaten dengan 9 kecamatan. Sektor pariwisata termasuk penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup besar, selain pertanian.

Berbagai destinasi wisata ada di Samosir. Mulai dari pantai yang indah. Hingga berbagai wisata kebudayaan Bangsa Batak. Salah satunya adalah Huta Siallagan. Destinasi wisata di mana kita bisa menyaksikan tarian patung Sigale gale dan mendengar cerita ritual hukuman penggal kepala.

Samosir mencatatkan namanya di urutan lima sebagai pulau terbesar di tengah danau yang ada di dunia. Posisi pertama ditempati Pulau Manitoulin, di Danau Huron, Kanada.

2. Pulau Tao

Pulau Tao berada di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Warga lokal juga menyebutnya sebagai Pulau Malau. Jaraknya juga sangat dekat dengan Samosir. Hanya 10 menit ditempuh dengan kapal.

Pulau ini terlihat jelas jika di lihat dari Samosir. Ditumbuhi pohon kelapa yang menjulang dan surga bagi burung bangau. Namun, Pulau Tao belum bisa dikembangkan secara baik sebagai destinasi wisata.

3. Pulau Sibandang di Tapanuli Utara

Pulau Sibandang adalah satu dari 16 geosite, Geopark Kaldera Toba. Letaknya di Kabupaten Tapanuli Utara.

Sibandang menjadi pulau kedua terbesar setelah Samosir. Keindahan Sibandang bisa dilihat dari Hutan Pinus Sipinsur. Destinasi wisata di atas ketinggian yang ada di Tapanuli Utara.

Pulau yang ada di Kecamatan Muara, Taput ini luasnya sekitar 850 hektare. Ada sejumlah desa di sana. Sejumlah home stay juga ada di sana untuk tempat wisatawan menginap. Pulau Sibandang bisa ditempuh dengan kapal. Akses menuju Sibandang bisa ditempuh dari pelabuhan di Balige, Muara dan Nainggolan.

4. Pulau Tulas Siboro

Pulau Tulas Siboro masuk dalam wilayah Kecamatan Sianjurmulamula, Kabupaten Samosir. Tak banyak informasi yang bisa digali tentang Pulau Tulas. Namun pulau ini selalu menarik sebagai objek foto.

Pulau berbentuk undakan ini menampilkan panorama yang apik. Selalu menjadi latar foto yang begitu Instagramable. Pemandangan Pulau Tulas begitu apik jika dilihat dari Desa Siboro dan Bukit Burung.

5. Pulau Sirukkungon

Lokasi Pulau Sirukkungon berada di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. Pulau ini ukurannya sangat kecil dibanding pulau lainnya di Danau Toba.

Tak seperti Sibandang atau pun Samosir, Sirukkungon belum dilirik sebagai destinasi wisata. Kelak pemerintah mungkin punya rencana untuk mengembangkan Sirukkungon supaya menarik di mata wisatawan.

6. Pulau Sitakke-takke

Sama seperti Sirukkungon, Sitakke-takke merupakan pulau kecil yang ada di Danau Toba. Letaknya masuk ke dalam Kabupaten Humbang Hasundutan. Belum diketahui pasti, potensi pariwisata seperti apa yang bisa dikembangkan di sana. Pulau ini juga belum dilirik oleh wisatawan.

7. Pulau Simamora

Pulau Simamora letaknya di Kabupaten Humbang Hasundutan. Jika dilihat dari kejauhan, bentuknya seperti gundukan.

Tekstur daratan berupa batuan dengan vegetasi rerumputan. Pantainya juga terbentuk dengan bebatuan.

Belum ada penghuni di Pulau Simamora. Hanya saja, pulau yang dinamai dengan salah satu marga di suku Batak ini begitu ciamik jika menjadi latar foto.

8. Pulau Tolping, letaknya di palung terdalam Toba

Pulau Tolping letaknya di Desa Tolping, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Letak Tolping konon merupakan palung terdalam Danau Toba. Biasa juga disebut sebagai Tao Silalahi.

Pulau ini juga berukuran kecil. Wisatawan bisa ke sana dengan perahu sewaan milik nelayan. Pulau ini belum berpenghuni. Keindahan Pulau Tolping bisa disaksikan saat kita berada di Pantai Martoba dan Pantai Indah Lumban Parmonangan. (spg/int)

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close