Wisata

Pulau Tamang Pesona Wisata Indonesia yang Masih ‘Perawan’

MADINA, FaseBerita.ID – Namanya Pulau Tamang. Berada di wilayah Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal (Madina), merupakan salah satu obyek wisata yang sangat menjanjikan apabila dikelola dengan baik.

Buat yang hobi traveling dan berlibur, alangkah bagusnya sesekali mengunjungi tempat wisata yang ada di Kecamatan Batahan tersebut.

Di zaman orde baru, pulau ini sudah terkenal dengan penghasil cengkehnya.

Sayangnya, pantai ini belum disentuh industri pariwisata sehingga belum ada pengembangan di pulau ini.

Pulau Tamang yang memiliki luas 166,6 hektar ini banyak dikunjungi wisatawan lokal pada hari-hari libur.

Akses masuk ke pulau ini biasanya dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muara Batahan, membutuhkan waktu sekitar setengah jam dengan menaiki perahu boat.

Camat Batahan Irsyal Pariadi kepada wartawan, Rabu (18/9/2019) menyampaikan, ada 89 rumah tangga yang menetap di Pulau Tamang, dan terdapat beberapa pesona wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi diantaranya adalah pantai, pesona bawah laut, Lobster, dan Mercusuar.

“Pulau Tamang selain pasir pantainya yang indah juga mememiliki pesona bawah laut yang indah,” katanya.

Atas potensi yang dimiliki pulau Tamang, Irsyal berharap kepada Pemerintah agar melakukan pengembangan destinasi wisata pulau tersebut termasuk dengan melakukan pelatihan kepariwisataan kepada warga.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Madina Natalina, SP menyebutkan, Pulau Tamang salah satu obyek wisata yang menjadi perhatian instansinya untuk dikembangkan.

“Pulau Tamang tempat wisata yang menjanjikan, apalagi lokasinya sangat berdekatan dengan pelabuhan Palimbungan,” katanya.

Natalina menyebut, Dinas Pariwisata akan terus berupaya melakukan pengembangan terhadap destinasi wisata itu.

Anggota DPRD Madina, Eveline Sago kepada wartawan mendukung upaya pengembangan potensi wisata yang ada di Kabupaten Madina. Karena, menurut Eveline, obyek wisata salah satu peluang meningkatkan ekonomi masyarakat di kawasan itu.

Eveline menyebut, bila memungkinkan, pihaknya akan melakukan kajian bersama Pemerintah untuk pengembangan destinasi wisata.

“Pada prinsipnya kita sangat mendukung pengembangan obyek wisata, karena bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat. Tetapi, pengembangannya kan butuh anggaran besar, ini nanti yang dikaji bersama pemerintah,” ujar politisi Partai Hanura di DPRD Madina itu. (wan)



Unefa

Pascasarjana
Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close