Wisata

Pengembangan Pariwisata Barus Dipaket dengan KSPN Danau Toba

BARUS, FaseBerita.ID – Dalam rangka pengembangan infrastruktur pariwisata di Barus, Tapanuli Tengah, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Asisten Deputi Infrastruktur Pelayanan, Perikanan dan Pariwisata Rahman Hidayat meninjau objek wisata yang berada di Barus, Rabu (18/9/2019) lalu. Rombongan didampingi Kadis Pariwisata Tapteng Rahmad Rahmad Saleh Jambak, Bappeda Tapteng, PU Bina Marga Sumut, Camat Barus Mulyadi Malau dan lainnya.

Di Barus, rombongan mengunjungi objek wisata religi situs Pemakaman Almahligai di Desa Aek Dakka, Situs Syech Machdum di Desa Bukit Patupangan, Situs Tuanku Ibrahimsyah di Desa Gabungan Hasang, Situs Tuanku Batu Ambar, serta Tugu Kilometer Nol Peradaban Islam Nusantara di Barus.

Asisten Deputi Infrastruktur Pelayanan, Perikanan dan Pariwisata Rahman Hidayat mengatakan, Barus merupakan salah satu kota tua yang menyimpan banyak sejarah dan memiliki potensi yang patut dikembangkan sebagai destinasi wisata yang bertaraf nasional.

“Pengembangan pariwisata di Barus kedepannya akan dipaketkan dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. Dalam empat tahun terakhir ini saya mengkoordinasikan pengembangan destinasi wisata Danau Toba, Barus ini juga merupakan PR lama,” ujarnya.

Apalagi Barus sudah terlebih dulu dikunjungi Presiden RI beberapa waktu lalu. “Nah ini semacam puzzle, kita coba satukan Puzzel ini, jangan lupa Toba itu “Danau ” dan kita memberi opsi dari sisi laut dan pantai. Dan Barus adalah destinasi wisata yang sangat luar biasa potensinya. Ini bisa kita satukan dengan KSPN Danau Toba,” paparnya.

Sementara Kadis Prwisata Tapteng Rahmad Saleh Jambak menyebutkan bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas kunjungan Assisten Deputy Infrastruktur Pelayanan, Perikanan dan Pariwisata bapak Rahman Hidayat yang juga di dampingi oleh Dinas PU Bina Provinsi Sumatera Utara.

“Kita optimis ke depan pembangunan infrastruktur akan menjadi penunjang destiansi wisata bagi Tapanuli Tengah. Kita mengucapakan terima kasih atas kedatangan beliau bersama rombongan,” ungkap Saleh. (gp)