Wisata

Pengelola Pantai Batu Gajah akan Bangun Fasilitas Besar Buat Wisatawan

FaseBerita.ID – Objek wisata Pantai Batu Gajah yang terletak di wilayah Pantai Barat, Kelurahan Hajoran Indah, Kecamatan Pandan, Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, rencananya akan dibangun fasilitas yang lebih besar di tahun 2021 ini. Hal itu langsung diungkapkan Pemilik lahan, Benedicta Siahaan kepada wartawan, Minggu (14/1) lalu.

Dikatakannya, adapun Fasilitas pertama yang telah ia rencanakan untuk dibangun di tahun 2021 adalah Flaying Fox (cabel baja), ini merupakan suatu hiburan, sebenarnya sering digunakan dalam istilah yang mengacu pada aktivitas yang menggunakan zip line (yang terdiri dari katrol yang digantungkan ke wire atau kabel baja) berskala kecil, yang biasanya digunakan untuk permainan anak-anak.

“Pertama kita akan bangun Flay Fox untuk hiburan wisatawan, rencananya akan kita bangun di tahun 2021, dengan panjang kira-kira mencapai 100 meter dari arah bukit Naga di atas permukaan pantai ini, dan tingginya mencapai 15 meter,” ungkap Benedicta.

Dijelaskannya, salah satu kelebihan flying fox adalah bisa menikmati pemandangan alam dari ketinggian.

Peserta akan merasa seperti terbang di udara. Karena memang itulah ciri khas flying fox, dengan menawarkan pemandangan alam yang dilintasi di bawahnya. Bisa berupa sungai, pantai, sawah, dan hutan.

“Prosedur keamanan sudah baik dan sudah kita rencanakan, kita tidak perlu terlalu khawatir lagi. Kita akan terus berusaha membuatnya, sebab menempa keberanian melalui wahana flying fox tentunya akan membuat pengunjung menjadi seseorang yang lebih pemberani dalam menerima tantangan hidup,” imbuhnya.

Pengunjung dan salahsatu pemandangan di Pantai Gajah Tapteng, Sumatera Utara. (Juanda Panjaitan)

Kemudian fasilitas lainnya, Ia juga akan membuat hiburan dari atas bukit, yaitu Paralayang. Ia optimistis olahraga paralayang mampu menjadi hiburan dan destinasi wisata baru di wilayah pantai Pandan, yang akan diminati banyak pelancong dalam maupun luar negeri.

Selanjutnya, paralayang adalah salah satu olahraga terbang bebas dengan menggunakan sayap kain (parasut), yang lepas landas dengan kaki untuk tujuan rekreasi atau kompetisi. Pihaknya juga akan merencanakan ini dengan baik, dan akan meminta izin kepada pihak terkait.

“Rencana selanjutnya kita buat Paralayang, namun kita juga akan meminta izin kepada pihak terkait, agar nanti tidak akan ada masalah,” tandas Benedicta.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan membangun Restoran plus Karaokean, dan Resort Rumah penginapan (Home Stay) di arah barat Pantai Batu Gajah, yang akan selesai dibangun di tahun 2021. Semua fasilitas yang telah ia gagas mudah-mudahan akan bisa terwujud ditahun tahun ini.

Harapannya kedepan, hendaknya objek wisata partai batu gajah bisa menumbuhkan perekonomian daerah, dan juga masyarakat, khususnya di kelurahan Hajoran dan sekitarnya. (hp/fabe)