Wisata

Lapak Sabung Ayam Diubah jadi Lokasi Wisata

FaseBerita.ID – Kapolres Sibolga AKBP Triyadi meresmikan sebuah tempat wisata Kolam Renang di Jalan IL Nommensen atau yang biasa dikenal dengan sebutan Lobu di Kelurahan Angin Nauli, Kecamatan Sibolga Utara, Kamis (21/1).

Selain Kapolres, hadir juga Wakapolres, Kompol R Sihombing, Kabag Ops Kompol Jono Sirait, Kabag Ren Kompol K Nababan, Kabag Sunda Kompol Chobli, para Kasat, perwira dan personil lainnya. Kemudian, Lurah Angin Nauli Ucok Manalu dan Lurah Huta Tonga-tonga Tigor Tambunan.

Menurut Kabag Humas Polres Sibolga Iptu Ramadhansyah Sormin, sebelumnya lokasi kolam renang yang diberi nama Marangin tersebut merupakan lapak judi sabung ayam.

Tak hanya itu, lokasi tersebut juga sebelumnya kerap dijadikan lapak transaksi dan mengonsumsi narkoba.

Setelah digerebek dan pondoknya dibakar polisi beberapa waktu lalu, pemilik lapak kemudian mendapat bimbingan dari Kapolres melalui petugas Bhabinkamtibmas. Hingga menyulap lahan yang sebelumnya dikenal sebagai tempat maksiat menjadi lokasi wisata.

“Pemilik tempat wisata Kolam Renang Marangin, Diris Hutagalung. Sebelumnya tempat ini merupakan lokasi yang sering digunakan untuk perjudian laga ayam. Kemudian, tempat transaksi dan konsumsi narkoba. Atas petunjuk dan bimbingan Kapolres melalui Sat Binmas Polres Sibolga dan Bhabinkamtibmas Kel Angin Nauli Aiptu E Silalahi dilakukan edukasi, penggalangan, pembinaan dan penyuluhan kepada pemilik tempat. Sehingga timbul inspirasi menjadikan tempat tersebut menjadi lokasi wisata kolam renang untuk masyarakat Kota Sibolga dan sekitarnya,” kata Sormin, Jumat (22/1).

Membangun lokasi wisata di sekitar Lobu juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan aktifitas yang positif di tengah-tengah masyarakat. “Sehingga kesan negatif lokasi tersebut yang selama ini disebut warga sebagai lokasi narkoba diubah menjadi lokasi wisata sehat,” pungkasnya.

Objek wisata pemandian air pegunungan Marangin terletak di areal perbukitan berada di Kelurahan Angin Nauli, Kecamatan Sibolga Utara. Dengan pamandangan alam yang masih asri,air yang sejuk dan udara yang segar, membuat nilai tersendiri bagi lokasi. Apalagi tempat tersebut tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan Kota Sibolga.

Sebelumnya Kapolres AKBP Triyadi mengatakan b ahwa lokasi wisata itu tentu akan menjadi contoh yang baik bagi daerah-daerah lain. Merubah sesuatu yang buruk menjadi berguna di mata masyarakat.

Disebutkan, dalam beberapa tahun terakhir Polres Kota Sibolga gencar melakukan penggerebekan di lokasi ini, namun tidak menimbulkan efek jera bagi para pelaku.

“Mungkin tempat ini tidak asing lagi bagi masyarakat Kota Sibolga, semua orang sudah tahu bahwa tempat ini sarang narkoba. Setelah diberikan arahan dan petunjuk kepada pemilik lahan tentang bahayanya narkoba dan sabung ayam. Alhamdulilah pemilik mengubah tempat ini menjadi tempat wisata. Ini suatu kebanggaan bagi kami khususnya dari Polres Sibolga dan masyarakat sini,” ujar Triyadi di lokasi pemandian.

“Yang namanya narkoba kita tidak akan kasih kendor. Bagi masyarakat Kota Sibolga tidak usah takut lagi datang ke sini. Sekarang tempat ini sudah berubah menjadi objek wisata. Silahkan nikmati pemandangan yang indah di Sibolga Julu (lokasi Pemandian Marangin),” pesannya.

Lurah Angin Nauli Utjok Manaloe juga mengucapkan terimakasih kepada masyakarat Sibolga Julu, tokoh masyarakat, Pemerintah Kota Sibolga dan Kapolres, terkusus kepada pemilik lahan Marangin, Diris Hutagalung yang mau mengubah tempat sabung ayam menjadi objek wisata. “Dengan adanya wisata pemandian Marangin, semoga kedepannya dapat mengubah penilaian buruk terhadap tempat ini,” ucapnya. (tam/ts)

USI