Wisata

Indonesia Tetap Larang Turis Asing Melancong

FaseBerita.ID – Indonesia tidak akan membuka sektor pariwisata bagi turis mancanegara sampai akhir 2020. Saat ini pemerintah fokus mendorong masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata hanya di dalam negeri.

“Kami mau turis domestik itu 70 persen, masalah turis asing kami sampai akhir tahun belum akan terima,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam Rapat Kerja dan Konsultasi Nasional Rakerkonas APINDO 2020, Jakarta, Kamis (13/8).

Politikus Partai Golkar ini mengaku sudah melapor kepada Presiden Joko Widodo terkait pemulihan ekonomi sektor pariwisata. Hingga kini, keuangan negara masih aman karena ada peluang dari langkah moratorium perjalanan umrah.

Setidaknya ada 500 ribu sampai 1 juta penduduk Indonesia yang memiliki dana umroh. Selain itu banyak orang yang berobat di luar negeri terpaksa tidak berangkat karena masih pandemi. Dari sini peluang terbuka.

“Itu kalau kita hitung bisa puluhan triliun, atau miliar dolar. Kami ingin itu dibelanjakan di dalam negeri,” jelas dia.

Itu sebabnya, Luhut ingin Indonesia membangun rumah sakit internasional di tanah air seperti di Bali. Dia ingin para ahli IT luar negeri bisa bekerja di Bali dan melakukan transfer teknologi di Indonesia.

“Bule di bidang teknologi atau IT mungkin mereka bisa work from bali, itu sedang kami pikirkan dan kami dorong, tinggal aturannya kami buat,” kata dia. (int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button