Wisata

Humbahas Tujuan Wisata Edukasi 2020

FaseBerita.ID – Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) ditetapkan menjadi daerah tujuan paket wisata edukasi tahun 2020, dari sejumlah daerah yang berada di kawasan Danau Toba  sebagai kawasan destinasi super perioritas. Hal ini dikatakan Plt Kadis Pariwisata Humbahas Sabar Purba, melalui Kabid Promosi dan Kelembagaan Barton Naibaho.

Barton menjelaskan, paket wisata edukasi tadi akan difokuskan di Kecamatan Baktiraja. Itu berdasarkan penilaian BODT dengan pertimbangan dan karakteristik Kecamatan Baktiraja. “Karna Baktiraja yang ditawarkan oleh BODT. Sesuai dengan hasil penilaian mereka, Kecamatan Baktiraja yang lebih cocok,” kata Barton melalui selulernya, Kamis (20/2).

Dengan adanya kesempatan tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Humbahas yang berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Karenanya, Pemkab melalui Dinas Pariwisata telah melakukan berbagai kegiatan, seperti sosialisasi kepada masyarakat khususnya penggiat parawisata, sebagai langkah persiapan dan pemantapan Humbahas tujuan wisata edukasi.

“Kita  sudah mengadakan sosialisasi dan persiapan-persiapan dalam rangka pematangan beberapa list potensi pariwisata yang memungkinkan untuk wisata edukasi,” ujarnya.

Menurut Barton, wisata edukasi berbeda dengan wisata lain. Di mana, pengunjung tidak sebatas menikmati atraksi pariwisata. Wisatawan akan tinggal dengan warga serta be-riteraksi langsung dengan masyarakat lokal. Wisata edukasi dapat diartikan sebagai program yang menghubungkan unsur kegiatan wisata dengan muatan Pendidikan.

Dalam hal Humbahas sebagai tujuan wisata edukasi, pemerintah hanya sebatas memfasilitasi. Jadi, masyarakat dan penggiat usaha pariwisata diharapkan dapat berperan aktif dalam menyikapi kesempatan tersebut.

“Nantinya, jaringannya adalah antara agen travel dengan guide (Pemandu wisata) atau kelompok penggiat wisata lokal. Jadi, tugas pemerintah hanya sebatas menjembatani, memfasilitasi,” terang Barton.

Khusus kepada pengunjung dari kalangan pelajar diharapkan akan menambah kasanah dalam ilmu pengetahuan. Sehingga memahami metode pendidikan. Oleh karena itu, khusus untuk pelajar dan siswa yang berwisata sambil belajar direncanakan akan launching pada April 2020 dengah melibatkan perwakilan sekolah dari dalam dan luar negeri.

“Selanjutnya, membuat list aktivitas masyarakat yang layak dikunjungi. Konsep ini akan ditawarkan ke BODT,” tukasnya. (sht/sr)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button