Wisata

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Sektor Wisata Tapsel Dibenahi

FaseBerita.ID – Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakatnya Pemkab Tapanuli Selatan terus membenahi sektor wisatanya disamping sektor lainnya.

“Potensi sektor wisata kita sangat menjanjikan untuk mendongkrak ekonomi, apalagi masa pandemi,” kata Kadis Pariwisata Tapsel Abdul Saftar, Minggu (31/1).

Ia mengatakan, dari sekian banyak titik destinasi wisata Tapsel yang menjadi fokus pembenahan saat ini yaitu pemandian alam air panas (belerang) Aek Nabara, Marancar.

“Berbagai fasilitas umum seperti ruang ganti pakaian, spot-spot foto mulai dibangun dibenahi walau secara bertahap. Tujuan menarik minat wisata,” katanya.

Akhir pekan wisatawan banyak sengaja datang untuk menikmati panorama pedesaan sekaligus mandi air panas dan mandi uap belerang ke Aek Nabara, yang diyakini dapat menyehatkan badan

“Pengunjung datang bila hendak sore lelah menikmati panorama alam berhawa sejuk Syaakira View and Resto Aek Sabaon maupun Air Terjun Silima-Lima, Marancar yang lokasinya tidak jauh dari Aek Nabara,” katanya.

Untuk wisata Air Terjun Silima-lima setelah berbagai fasilitas pendukung dibenahi kini sudah mulai bergeliat.

Perekonomian warga mulai hidup. Demikian Syaakira View and Resto yang banyak memberdayakan tenaga kerja lokal.

“Obyek wisata lain yang juga mulai bergeliat yakni Tor Simago-mago, Sipirok, Danau Siais dan Air Terjun Simatutung, Angkola Sangkunur setelah akses infrastruktur jalan terbangun,” terangnya.

Selain itu, seluruh desa di Tapsel juga telah melakukan kerjasama (MoU) dengan Dinas Pariwisata untuk mengeksplorasi wisata desa demi tumbuhnya ekonomi dan tenaga kerja lokal sekaligus kontribusi bagi daerah. (antara/fabe)

iklan usi