Wisata

Air Terjun Tor Silali, Pesona Alam Tersembunyi di Perbukitan Paluta

FaseBerita.ID – Bagi yang suka berpetualang, ada satu air terjun yang indah dan asyik untuk basah-basahan sekaligus menguji adrenalin. Namanya air terjun Tor Silali.

Berlokasi di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), letaknya cukup tersembunyi, yaitu di perbukitan Desa Hajoran, Kecamatan Padang Bolak.

Air terjun ini dinamakan air terjun tor Silali karena lokasinya di Tor atau Bukit Silali. Tak banyak orang yang tahu keberadaan air terjun ini, karena akses menuju lokasi hanya bisa dilalui sepeda motor saja.

Waktu yang dibutuhkan sekitar 20 menit untuk sampai ke lokasi dari pusat perkotaan Gunung Tua atau berkisar 10 kilometer. Bagi pengunjung yang menggunakan mobil, bisa parkir di dekat permukiman warga.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun ini mata anda akan disuguhkan pemandangan indah, area persawahan dan hutan pegunung yang hijau. Selain tersembunyi, air terjun ini juga masih alami, belum ada pengelolaan dari pemerintah setempat.

Keindahan Air terjun Tor Silali ini sungguh luar biasa, memiliki ketinggian air sekitar 15 meter di bawahnya terdapat kubangan air mirip kolam dan pengunjung bisa mandi basah-basahan.

Bagi masyakat pecinta alam dan wisata yang hendak mengunjungi lokasi ini juga bisa uji adrenalin dengan memanjat dinding batu di pinggir air terjun menggunakan akar pohon, lalu melompat dari ketinggian 15 meter. Bagi yang kurang berani, bisa juga menggunakan bebatuan yang tingginya hanya 2-3 meter di atas permukaan air.

Sutan Raja salah seorang pecinta alam di Paluta mengaku baru pertama kali ke lokasi itu. Ia mengaku penasaran datang ke lokasi air terjun itu setelah melihat banyak postingan foto di media sosial.

“Saya tidak kecewa setelah datang ke lokasi itu, karena keindahan yang disuguhkan membuat betah dan tak ingin buru-buru pulang,” kata Sutan.

Diceritakan sutan, sungainya juga sangat alami, banyak bebatuan besar yang cocok untuk bersantai atau untuk obyek foto. Hanya saja, akses untuk menuju ke lokasi masih harus diperbaiki lagi.

Rahmat Siregar warga setempat mengaku, lokasi air terjun belum banyak diketahui. Namun saat ini telah ada beberapa pecinta alam yang datang, dan jumlahnya tidak banyak. “Setiap hari libur ada yang datang, umumnya yang datang itu rombongan pemuda,” katanya.

Dirinya juga mengaku, ia bersama warga sekitar berencana akan melakukan pengelolaan air terjun Tor Silali jadi salah satu obyek wisata di Kabupaten Padang Lawas Utara. (ais)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close