Wisata

Agustus, Musisi dari 5 Negara Guncang Samosir

FaseBerita.ID – Penyelenggaraan Samosir Music International (SMI) selalu menghadirkan kejutan setiap tahunnya. Selama 4 tahun belakangan SMI hanya digelar satu hari. Namun tahun ini SMI akan digelar selama dua hari, yakni 23-24 Agustus.

“Pelaksanaan SMI yang digelar dua hari. Ini merupakan bentuk pengembangan event yang selama empat tahun terakhir hanya digelar selama satu hari. Dengan harapan kegiatan ini mampu memberi dampak yang lebih banyak terhadap sektor wisata dan perekonomian masyarakat,” ujar Project Manager SMI Henry Manik.

Penyelenggaraan SMI diyakini akan lebih spektakuler, apalagi dengan adanya penambahan dukungan dari pemerintah pusat.

“Selain memang sudah menjadi agenda Horas Samosir Fiesta Pemkab Samosir, Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) juga memasukkannya dalam program event tahunannya untuk tahun ini,” ujarnya.

Event SMI sudah sangat sejalan degan apa yang diprogramkan oleh pemerintah pusat yang tengah fokus dalam pembangunan pariwisata Danau Toba, yang dibuktikan dengan dimasukkannya Danau Toba menjadi salah satu daerah superprioritas pembangunan dan pengembangan wisata.

SMI tahun ini akan menampilkan suasana yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, terutama dari nama-nama artis dari luar negeri dan juga jenis musik yang akan ditampilkan.

Lewat proses yang panjang dan dengan pendekatan sosial yang dilakukan untuk menjaring artis/ musisi dari beberapa negara di luar negeri, SMI tahun ini akan menampilkan artis/ musisi dari 5 negara, yakni Indonesia yang diisi oleh Viky Sianipar, Tongam Sirait, Alex Rudiart Hutajulu, Alsant Nababan, Jabijabi Band. Kemudian, dari Austria yang tentunya akan diisi oleh Hermann Delago, Salammusik dari Malaysia, Bagjuice dari Belanda dan Sons & Preachers dari Jerman.

“Hingga saat ini kita masih menunggu kepastian tambahan dukungan dari beberapa pihak. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa mendapat kejelasan konfirmasi, sehingga nantinya bisa disesuaikan lagi dengan penambahan program yang akan disajikan,” ujarnya.

Dikatakan, band-band dari luar negeri ini nantinya akan unjuk kebolehannya lewat lagu-lagu yang mulai saat ini mereka sudah persiapkan. Beberapa lagu Batak yang akan menjadi bagian dari set list lagu-lagunya menjadi prioritas mereka dalam hal persiapan, karena lagu ini merupakan lagu yang sangat baru bagi mereka, yang mungkin sebagian besar dari semua band di atas belum pernah mendengar apalagi menyanyikannya.

Melafalkan bahasa Batak dalam lagu-lagu itu menjadi tantangan utama mereka. Di samping lagu-lagu Batak ini, mereka akan membawakan lagu karya mereka sendiri. Mereka ini nanti akan dibagi untuk mengisi hari pertama dan kedua.

“Setiap pendekatan yang dilakukan terhadap para artis itu, selalu mereka menanyakan, kenapa disyaratkan agar menyanyikan beberapa lagu Batak. Saya selalu menjawab bahwa lewat event ini kita ingin selalu memberi pesan dan ingin lebih menimbulkan lagi rasa kebanggaan terhadap identitas etnik Batak Toba yang memilik bahasa, budaya, lagu dan musik yang sangat menarik,” jelas Henry.

Selain konser musik, SMI juga akan diselingi berbagai kegiatan lainnya, seperti festival food, Zumba Toba Nation dan workshop musik-musik Batak.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pariwisata Samosir Daulat Nainggolan SKM MKes mengatakan, wisatawan juga akan mendapatkan tempat yang nyaman untuk menginap, restoran yang nikmat, baik di wilayah Tuktuk Siadong maupun di sejumlah lokasi yang berdekatan dengan lokasi Samosir Music Internasional.

Ada sekitar 60 lebih hotel maupun penginapan jenis lain di wilayah Tuktuk yang tersedia, puluhan hotel/penginapan di Tomok, Ambarita, Unjur dan di lokasi-lokasi lain seperti Parbaba, Pangururan dan homestay yang tersebar di hampir seluruh wilayah Samosir.

“Dan, setelah event ini, Anda juga akan betah berlama-lama, karena masih banyak perjalanan menarik yang akan menggoda Anda. Kita punya kapal wisata yang akan membawa Anda berlayar mengarungi volcano terbesar di Asia ini. Atau mau jalan darat, kita juga punya bus wisata yang akan mengantarkan Anda ke objek-objek wisata di Samosir,” jelasnya.

“Karenanya, tak ada alasan untuk tidak datang kemari. Mari ikut dalam keseruan Samosir Music International, rasakan dan nikmati berada di Negeri Indah Kepingan Surga,” ajak Daulat Nainggolan. (rel/des)