Wisata

Aek Milas Sosopan Butuh Penataan

TAPSEL, FaseBerita.ID – Sehari menjelang pelaksanaan puasa Ramadhan 1440 Hijriah, tepatnya Minggu (5/5), pemandian Aek Milas Sosopan, di Desa Parandolok Mardomu, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel, dipadati pengunjung.

Pengunjung dari berbagai daerah, begitu antusias mengunjungi, memanfaatkan dan merasakan air panas alami, yang menyembur dari bumi di lokasi itu.

Maklum, saat itu, merupakan hari terakhir menjalang puasa Ramadan atau yang identik disebut dengan mandi ‘pangir’ atau ‘marpangir’.

Amatan Metro Tabagsel, memang pada saat hari libur dan hari besar, pemandian air panas, selalu ramai dikunjungi. Apalagi saat lebaran. Namun, pada waktu ‘marpangir; kali ini, suasananya sangat ramai. Kenderaan yang parkir tersusun rapi memadati areal yang tersedia.

Terus, penataan objek pemandian air panas tersebut, memang telah mulai kelihatan. Hanya saja, areal parkir kerab membuat pengunjung kewalahan. Karena masih sangat terbatas dan lokasinya masih butuh sentuhan.

“Kami terpaksa berkeliling Sipirok dulu sambil menunggu hingga malam, agar lokasi parkir kosong,” ungkap Solihin (45) dan Muktar Siregar (35) pengunjung yang mengaku datang dari Labusel.

Hal senada juga diutarakan Ilham Siregar (50). Menurutnya, suasana pemandian air panas itu, tak banyak mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Padahal, potensinya sangat luar biasa.

“Daerah ini cukup kaya. Tak semua daerah memiliki potensi seperti ini. Tetapi anehnya setiap tahun kondisinya terkesan begitu begitu saja,” ungkap pengunjung yang mengaku berasal dari Kota Padangsidimpuan ini. (ran)