Wisata

Dukung Danau Toba Destinasi Super Prioritas, Humbahas Persiapkan SDM

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) terus berupaya serta mempersiapkan diri dalam mendukung program pemerintah menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Melalui Dinas Pariwisata berbagai upaya dilakukan dalam menggenjot geliat pariwisata di daerah itu. Selain penataan sarana dan prasarana,  salahsatu diantaranya yang tidak kalah pentingnya adalah Sumber Daya Manusia (SDM).

Untuk itu, Dinas Pariwisata Humbahas bersama Politeknik Pariwisata Negeri Palembang memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada sejumlah kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan pelaku wisata di Dolok Sanggul baru-baru ini. Kegiatan yang dipusatkan di Martin Anugerah tersebut bertujuan untuk mempersiapkan para kelompok sadar wisata dan pelaku usaha pariwisata tadi dalam pengembangan pariwisata.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor melalui Kadis Pariwisata Resva Panjaitan menyebutkan, kegiatan Bimtek oleh Politeknik Pariwisata Negeri Palembang adalah pola pengabdian masyarakat dalam kemajuan pengembangan kepariwisataan di Humbahas.

“Pengembangan Pariwisata tidak semata mata pembenahan sarana prasarana lokasi wisata. Menjadi pelaku usaha bidang wisata harus dibarengi dengan peningkatan dan pembinaan SDM dengan komprehensif (menyeluruh, red),” Kata Resva.

“Kita ketahui, industri pariwisata erat kaitanya dengan gaya hidup saat ini. Dengan ditetapkannya Danau Toba sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau destinasi super prioritas maka Pokdarwis dan pelaku usaha wisata harus mempersiapkan,” imbuhya.

Oleh karena itu, Resva berharap, tindak lanjut dari bimbingan teknik tadi akan memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan pariwisata di Danau Toba, khususnya di Humbahas melalui penetapan Presiden yang telah menetapkan Danau Toba sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Resva merinci, kunjungan wisatawan nusantara (Winus) tahun 2018 tercatat sebanyak 122.580 orang dan wisatawan mancanegara (Wisman) sebanyak 640 orang.

“Target pertumbuhan wisatawan tahun 2020 nanti sebanyak 200 ribu atau 61,29 persen,” rincinya.

Menurutnya, pencapaian target itu akan terwujud melalui semangat pelaku usaha untuk lebih profesional serta siap memberikan pelayanan yang terbaik, dengan memperhatikan kebersihan, keramahtamahan serta dukungan lainya.

Direktur Politeknik Pariwisata Negeri Palembang, Zulkifli Harahap, CHE yang diwakili Kasubbag ADAK Siti Rokayah didampingi Rhiza Eka Purwanto (Sekretaris Pusat Penelitian dan Pengembangan Masyarakat: P3M) mengatakan, Politeknik Pariwisata Negeri Palembang mendukung sepenuhnya Danau Toba destinasi super prioritas serta berperan aktif dan memiliki tanggung jawab dalam pembinaan  dan pengembangan melalui penguatan SDM para kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan juga kelompok pelaku wisata di 5 kabupaten kawasan Danau Toba Sumut. (sht/osi)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close