Wisata

Samosir Destinasi Danau Toba Favorit untuk Dikunjungi

SAMOSIR, FaseBerita.ID – Libur lebaran sudah usai, namun hingga kini aktifitas wisatawan di sejumlah tempat pariwisata masih bergeliat. Danau Toba dengan keindahannya, selalu menjadi destinasi favorit para pelancong. Baik dari lokal, luar Sumatera hingga mancanegara.

Salah satu destinasi favorit di Danau Toba adalah Kabupaten Samosir. Pulau di tengah Danau Danau Toba yang menyimpan keindahan pariwisata di dalamnya.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo cukup terkejut dengan membludaknya kunjungan ke Samosir. Dalam catatan mereka, dalam periode 1-9 Juni 2019 totalnya ada 47.004 wisatawan yang datang ke Samosir. Rinciannya sebanyak 46.379 wisatawan nusantara (Wisnus) dan 625 wisatawan mancanegara (Wisman).

“Ini jumlah yang sangat fantastis. Semoga bisa jadi semangat geliat pariwisata di Danau Toba untuk terus mengembangkan potensinya,” ujar Arie, Selasa (11/6/2019).

Pariwisata di Samosir memang terus berkembang. Didukung  juga dengan berbagai infrastruktur yang kini disematkan di sana. Ditambah dukungan kemudahan akses penyebrangan ke pulau berjuluk ‘Negeri Indah Kepingan Surga’ tersebut.

“Tentunya kita apresiasi kerjasama dari berbagai pihak. Mulai dari Kementerian Perhubungan, Pemprov Sumut, Pemkab di kawasan Danau Toba, Basarnas, Kepolisian dan pihak terkait lainnya,” ungkapnya.

Data yang dihimpun juga menunjukkan peningkatan kunjungan di sejumlah lokasi wisata. Di Samosir, tempat paling banyak dikunjungi Wisnus adalah Menara Pandang Tele di Kecamatan Harian, Samosir.

Dalam periode 1-9 Juni Menara Pandang Tele dikunjungi 12.632 Wisnus. Sedangkan untuk Wisman tidak ada.

Menara Pandang Tele memang menjadi destinasi favorit. Dari atas menara, pengunjung bisa memandang Danau Toba dengan sensasi di atas ketinggian. Jika cuaca cerah dari atas menara, Gunung Pusuk Buhit juga bisa terlihat jelas.

Dalam periode yang sama kunjungan Wisman terbanyak adalah ke kawasan Huta Bolon, Kecamatan Pangururan. Ada 113 Wisman yang datang ke destinasi ini. Khususnya ke Museum Huta Bolon Simanindo yang merupakan rumah adat warisan Raja Sidauruk itu. Sedangkan untuk kunjungan Wisnus nihil.

Tim dari Kementerian Perhubungan juga mencatat arus penyebrangan kapal di Danau Toba semakin membaik. Selama arus mudik, arus penyebrangan tergolong lancar.

Staf Ahli Menhub Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi selaku ketua tim pemantauan transportasi penyeberangan di Danau Toba Umar Aris menjelaskan, pada Minggu (10/6/2019) Pelabuhan Simanindo, Samosir melayani 17 trip penyeberangan ke daratan Sumatera.

Kemudian dari Pelabuhan Ambarita melayani sebanyak 5 trip dari pagi hingga pukul 20.10 WIB. Sementara dari Pelabuhan Tomok melayani sebanyak 9 trip dari pagi hingga pukul 20.45 WIB.

“Kami juga melakukan pengawasan untuk memastikan manifest penumpang agar tidak melebihi kapasitas yang ditentukan, mengecek kelengkapan surat atau buku pelaut Nakhoda dan awak kapal, serta memastikan adanya alat-alat keselamatan seperti pelampung. Selain itu juga memastikan, operator kapal telah mematuhi aturan untuk tidak berlayar jika cuaca tidak bersahabat,” ujarnya. (ant/int)

Topik

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker