Wisata

Dispar Promosikan Danau Toba ke Luar Negeri

FaseBerita.ID – Pelaksanaan sejumlah event di Danau Toba selama ini kerap dinilai tidak maksimal. Penyebabnya, promosi sangat minim, baik di tingkat nasional maupun internasional. Tak ingin hal itu terulang untuk 17 event dalam Calender of Event (COE) Danau Toba 2019 yang baru diluncurkan Kementerian Pariwisata di Jakarta, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sumut, Wan Hidayati, berencana promosi ke luar negeri mulai tahun ini.

“Selama ini kegiatan pariwisata di daerah sangat minim promosi. Termasuk event-event yang digelar di kawasan Danau Toba. Belum ada satu pun event di Danau Toba yang dipromosikan hingga ke luar negeri. Tahun ini, kita usahakan (ikut),” kata Wan Hidayati kepada wartawan di Medan, Rabu (27/2).

Minimnya promosi, diakui Hidayati, menjadi salah satu faktor mengapa event-event yang dilaksanakan di Danau Toba kurang sukses dan kurang meriah. Dia mencontohkan seperti yang terjadi pada Festival Danau Toba (FDT) 2018 di Kabupaten Dairi. Karenanya, dia berharap FDT 2019 yang direncanakan akan digelar di Parapat, Kabupaten Simalungun pada 9 hingg 12 Desember 2019 dapat terlaksana maksimal.

“Tahun ini, FDT kita upayakan benar-benar spektakuler. Ada niatan lebih lagi, dari tahun-tahun sebelumnya,” harap Hidayati.

Sayangnya, dia belum mau memaparkan secara detail seperti apa konsep FDT yang akan dilaksanakan pada tahun ini.

Dia juga menyebutkan, selama ini event-event yang dilaksanakan di kawasan Danau Toba juga belum berstandar internasional. Padahal, sudah ada event internasional seperti Samosir Music International yang melibatkan musisi dari sejumlah negara.

Demikian juga dengan Grand Fondo New York Lake Toba. “Harus kita akui, kalau eventnya begitu-begitu saja,” cetus Hidayati.

Di sisi lain, dia juga mengkritik masyarakat di sekitar objek wisata di Sumut, yang menurutnya masih kurang sadar wisata dan cinta budaya. Namun begitu, menurut dia, akan dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

1 2 3 4Laman berikutnya
Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads