Wisata

Jadikan Sibolga Pilihan Alternatif Wisatawan Kawasan Danau Toba

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Sesuai program Presiden RI Ir. Joko Widodo, yang menjadikan kawasan Danau Toba sebagai kawasan strategi pariwisata untuk daerah Sumatera Utara.

Walikota Sibolga Drs. HM. Syarfi Hutauruk,MM tidak ketinggalan ikut berbenah, menjadikan Kota Sibolga sebagai destinasi wisata alternatif bagi para wisatawan. Terlebih wisatawan manca negara, yang suka dengan wisata pantai atau laut.

Ditemui di sela-sela kunjungannya di salah satu destinasi wisata Kota Sibolga, Pantai Ujung Sibolga (Pajus), Syarfi mengaku sedang getol mendandani Kota Sibolga, terlebih kawasan pinggir pantai untuk menarik minat wisatawan. “Pemerintah melalui Presiden Jokowi telah mencanangkan, kawasan  strategis untuk pariwisata kan ada kawasan Danau Toba. Jadi, di luar kawasan Danau Toba juga harus berbenah diri untuk memperbaiki objek-objek wisata kunjungan,” kata Syarfi, Senin (25/2).

Sekilas orang nomor satu di Kota Sibolga ini menjelaskan alasannya menjadi kawasan pantai sebagai objek wisata yang paling laku dijual. Karena, kebiasaan wisatawan manca negara yang suka berjemur di pinggir pantai untuk merubah warna kulit.

“Salah satu Sibolga ini, karena daerah pantai. Dimana orang turis, atau bule tidak akan mungkin dia berlama-lama di Danau, di gunung. Karena kampungnya sudah dingin. Dia pasti mencari tempat yang agak panas, tempat dia bisa berjemur. Sehingga berganti kulitnya. Kita juga di Sibolga ini mempersiapkan, berbenah diri berbagai fasilitas untuk dikunjungi. Tempat-tempat strategis kita yang harus kita benahi, salah satunya adalah pantai ujung Sibolga ini. Lihatlah, dengan adanya ini (pembangunan fasilitas umum), berobah kan,” paparnya.

Tak hanya menjual kawasan pantainya, Kota Sibolga juga akan menjual berbagai jenis kuliner khasnya, yang menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung lebih lama lagi. “Kulinernya, sudah oke kita,” pungkasnya.

Menjual destinasi wisata bukanlah hal yang mudah. Ini menjadi sebuah tantangan yang berat bagi Syarfi sebagai seorang kepala daerah. Namun demikian, dirinya tetap optimis, dengan segala upaya yang dimiliki mencoba memperkenalkan berbagai kawasan wisata yang dimiliki Kota Sibolga dan juga Tapanuli Tengah, yang menjadi daerah tetangganya. Salahsatunya melalui even perlombaan yang telah menjadi agenda tahunan Pemko Sibolga.

“Kita kan sudah memperkenalkan dari berbagai even. Baik itu lomba-lomba triathlon. Kemudian, seperti kemarin, kita buat karnaval budaya, kan sudah kita siapkan. Kita sudah sampaikan objek-objek wisata melalui website, internet, tweeter dan lain-lain. Kemudian, kita sudah sosialisasikan dalam bentuk brosur,” terangnya.

Dengan kemajuan destinasi wisata, suami dari anggota DPRD Sumut, Delmeria Sikumbang tersebut menargetkan perputaran ekonomi yang kencang akan terjadi di Kota Sibolga. “Sehingga orang akan banyak berkunjung dan orang Sibolga, akan dapat duit. Kulinernya laku, tukang becak dapat penumpang, angkutan dapat, restauran penuh,” kata Syarfi.

Untuk itu, dia juga mengimbau kepada seluruh pengusaha yang ada di Kota Sibolga untuk ikut berbenah. “Perhotelan berbenah diri, restauran berbenah diri, angkutan berbenah diri. Dan itu sudah kita sosialisasikan beberapa kali,” tandasnya. (ts)

Berita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads