Sumut

Komunitas Partner GoFood Bersama PMI dan Dinkes Medan Gelar Donor Darah

Dorong Ketersediaan Darah di Medan

Ketua PMI Medan, Musa Rajeckshah foto bersama Head of Public Policy and Government Relations Gojek Sumatera, Muhammad Ruslan pada acara donor darah yang digelar oleh Komunitas Partner GoFood Medan, tanggal 24, 25 dan 27 Mei 2021 di dua outlet mitra GoFood Medan.

MEDAN, FASEBERITA.id – Bantu PMI memenuhi kebutuhan darah di Kota Medan, terutama jenis darah yang langka, Gojek melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) di Medan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dinas Kesehatan di Kota Medan, menggalang aktivitas donor darah.

Acara donor darah ini digelar oleh Komunitas Partner GoFood Medan, mulai pukul 10.00 pagi hingga 16.00 sore pada tanggal 24, 25 dan 27 Mei 2021 di dua outlet mitra GoFood Medan. Lokasi pertama berada di Mie Ayam Jamur H. Mahmud S, di Jalan Abdullah Lubis dan lokasi kedua berada di Lekker Urban Foodhouse, di Jalan Putri Hijau.

Dari kedua lokasi acara ini diharapkan terkumpul masing-masing 300 kantong darah selama 3 hari penyelenggaraan. Setiap pendonor akan mendapat voucher potongan harga sebesar 10 ribu rupiah untuk digunakan di kedua merchant GoFood tersebut usai donor darah.

Wakil Gubernur Sumatera Utara H. Musa Rajekshah, S.Sos., M.Hum sekaligus Ketua PMI Kota Medan mengatakan kolaborasi antara Gojek di Medan dengan PMI ini merupakan sebuah upaya untuk memenuhi  kebutuhan darah yang semakin meningkat di kota Medan.

“Keterlibatan Gojek dan mitra-mitranya menjadi sebuah sumbangsih positif dari sektor swasta untuk bisa mengatasi kebutuhan darah untuk masyarakat di kota Medan. Masyarakat tidak perlu khawatir untuk melakukan donor darah selama pandemi Covid-19 seperti saat ini, karena semua petugas yang membantu  donor darah ini tetap menjalankan protokol kesehatan yang semestinya,” katanya.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Medan, Syamsul Nasution menyatakan, banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan melakukan donor darah ini. “Melakukan donor darah bisa menurunkan resiko penyakit jantung, karena dengan mendonorkan darah bisa menurunkan kekentalan darah. Melakukan donor darah juga membantu kita mendeteksi penyakit serius, jadi dengan donor segala jenis penyakit serius ini akan terbaca sejak awal. Dan bagi yang ingin mempertahankan berat badan, donor darah ini juga sangat membantu. Jadi bagi mitra-mitra Gojek yang ingin mendonorkan darahnya, tidak usah ragu, banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan donor darah ini,” jelas Syamsul.

Selain menyelenggarakan acara donor darah dalam kesempatan ini juga ditandatangani kerjasama antara Gojek dan PMI Kota Medan untuk melanjutkan kerjasama penggalangan donor darah dari para mitra driver Gojek, komunitas para mitra driver dan Komunitas Partner GoFood Medan di masa mendatang. Sekaligus mengembangkan kerjasama yang mengutamakan kesehatan bagi mitra-mitra driver di kota Medan, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Medan.

Head of Public Policy and Government Relations Gojek Sumatera, Muhammad Ruslan menyatakan, Gojek memberikan apresiasi setinggi-tinggi kepada PMI Kota Medan dan Dinas Kesehatan Kota Medan atas kerjasama yang terjalin, untuk bisa membantu memenuhi kebutuhan darah di kota Medan melalui acara yang digelar bersama dengan Komunitas Partner GoFood Kota Medan.

“Kami berharap program yang diinisiasi oleh Komunitas Partner GoFood dan mitra-mitra Gojek dalam kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi ketersediaan darah yang diperlukan oleh PMI di Kota Medan,” katanya. (rel)