Saintek

Universitas Efarina Wisuda 682 Mahasiswa Mengikut Protokol Kesehatan

SIANTAR,FaseBerita.ID- Sidang Senat Terbuka wisuda 682 mahasiswa dipimpin Rektor Universitas Efarina Dr Sondang Sidabutar SKM MKes didampingi Wakil Rektor dan para dekan 4 fakultas berlangsung, Senin (30/11/2020) di Kampus Universitas Efarina Jalan Pdt J Wismar Pematangsiantar.

Pada acara wisuda Program Diploma III angkatan ke-V dan Program Sarjana angkatan ke-IV kali ini berbeda dengan wisuda angkatan sebelumnya. Proses pelaksanaannya mengikuti standar protokol kesehatan. Mulai dari pengukuran suhu tubuh, menggunakan masker atau faceshield, hand sanitizer dan pengaturan jarak.

Mahasiswa juga tidak didampingi orangtua atau keluarga di dalam ruang wisuda di Auditorium T Johan Saragih Garingging tersebut.

Rektor Universitas Efarina Dr Sondang Sidabutar SKM MKes dalam sambutannya setelah membuka siding senat terbuka, mengatakan Universitas Efarina saat ini mengasuh 4 fakultas dengan 14 program studi.  Fakultas Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik. Sementara program studi terdiri dari S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Lingkungan, S1 Farmasi, S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S1 Keperawatan, S1 Manajemen, D3 Kebidanan, D3 Analisa Kesehatan, D3 Radiodiagnostik dan Radioterapi, dan D3 Fisioterapi.

Kepada para wisudawan, Dr Sondang Sidabutar mengatakan, wisuda bukan purna tugas untuk berhenti belajar. Ilmu yang diperoleh di Universitas Efarina harus digunakan untuk menyelesaikan oermasalahan membantu masyarakat. Harus terus belajar meningkatkan ilmu pengetahuan sesuai dengan kebutuhan zaman. Wisuda hanya sebuah paket lintasan yang sudah diselesaikan satu tahapan.

“Secara khusus kami menyampaikan terimakasih kepada Bapak Dr JR Saragih SH MM sebagai pendiri Universitas Efarina melalui Yayasan Pendidikan Efarina, dengan tujuan agar masyarakat di Kabupaten Simalungun mendapat kemudahan dalam akses pendidikan,” katanya.

Dalam kesempatan itu Dr Sondang meminta kepada alumni agar selalu membangun komunikasi dengan civitas, berbagi informasi dalam pengetahuan, memberikan masukan dan termasuk memberikan informasi tentang lapangan pekerjaan bagi sesamea alumni. Universitas Efarina membutuhkan banyak masukan, pemikiran dan ide kreatif untuk berkembang dan bersaing di era revolusi 4G ini.

Sementara Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumut Prof Ibnu Hajar Damanik dalam sambutannya mengajak seluruh civitas Universitas Efarina termasuk wisudawan untuk tidak berhenti belajar keras dan cerdas sehingga bisa memenangkan persaingan di era 4G. Saat ini dibutuhkan sumber daya kreatif, dinamis, handal dalam teknis, komunikatif dan emosional.

“Kami berharap bukan hanya sebagai pencari kerja, tapi dapat membuka lapangan kerja. Sebagai alumni untuk senantiasa memberikan masukan bagi perbaikan kualitas penyelenggaraan pendidikan di Unefa.

Mantan Rektor Universitas Asahan ini mengingatkan, gelar bukan jaminan kompetensi. Artinya, di luar dari pendidikan formal masih banyak yang harus dipelajadi agar benar-benar kompeten untuk kebutuhan dunia kerja. Kemampuan teknis dan konseptual sangat menentukan dalam persaingan terbuka.

“Kamampuan koloborasi, kritis berpikir, komunikasi, kreatifitas harus terus diasah. Belajar dan terus belajar,” kata Ibnu Hajar.

Sementara Uchi Andesi Damanik, mahasiswa terbaik dari FKIP yang mewakili alumni yang baru wisuda menyampaikan terimakasih kepada civitas akademik Universitas Efarina. Dalam kesempatan itu juga, Uchi menyampaikan terimakasih wisudawan kepada orangtua dan keluarga yang mendukung proses belajar mahasiswa sehingga berhasil menyelesaikan studi.

Uchi Andesi Damanik menerima penghargaan sebagai mahasiswa terbaik, bersama Debora Oktalina dari Fakultas Kesehatan, Friska Umma Uli Tampubolon dari Fakultas Teknik dan Febri Sinaga dari Fakultas Ekonomi.

Acara wisuda diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa yang dibawakan oleh Ephorus GKPS Pdt Deddy Pajar Purba MTh.

Turut hadir mewakili Forkompimda. Sekda Simalungun Mixnon Simamora mewakili Bupati Simalungun, pimpinan BNI serta para undangan.(esa/fi)

iklan usi