Saintek

Universitas Efarina Wisuda 484 Lulusan Tahun 2021

RAYA, FaseBerita.ID-Sidang senat terbuka dipimpin Rektor Dr Suzanna Josephine Lumbantobing SE MS digelar untuk mewisuda 484 lulusan program diploma III angkatan ke-VI dan Program Sarjana Angkatan ke-V, Sabtu (18/12/2021) di Auditorium T Johan Garingging Universitas Efarina, Pematangraya. Para lulusan berasal dari 4 fakultas dan 14 program studi.

Rektor Universitas Efarina Dr Suzanna Josephine Lumbantobingdalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan berharap ilmu yang diperoleh dapat digunakan untuk membantu masyarakat, menyelesaikan tantangan yang semakin komplek.

“Dunia kerja yang kita hadapi adalah dunia dengan persaingan yang ketat. Dibutuhkan kerja keras, cerdas dan perjuangan agar survive dalam persaingan. Jangan cepat berpuas diri agar termotivasi untuk terus belajar da belajar,” kata Dr Suzanna.

Perubahan terus berlangsung, kata Dr Suzanna, diperlukan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, dinamis dan handaldalam akademis, teknis maupun komunikasi interpersonal.

“Kami juga tetap mengharapkan para alumni untuk aktif memberikan masukan kepada kampus, dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan di Universitas Efarina.

Ada 484 lulusan berasal dari Fakultas Kesehatan yakni; Prodi D-III Kebidanan, Prodi D-III Analis Kesehatan, Program D-III Fisioterapi, Prodi D-III Radiodiagnostik dan Radioterapi, Prodi S-1 Farmasi, Prodi S-1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Prodi S-1 Keperawatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Prodi S-1 Pendidikan Matematika, Prodi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Prodi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Tekni; Prodi S-1 Teknik Informatika, Prodi S-1 Teknik Elektro dan Prodi S-1 Teknik Lingkungan. Fakultas Ekonomi; Prodi S-1 Manajemen.

Mewakili wisudawan Sapta SE menyampaikan terimakasih kepada seluruh civitas akademik Universitas Efarina.

“Kampus Universitas Efarina adalah rumah kedua bagi kami. Belajar, berdiskusi, melakukan penelitian, dan pengabdian masyarakat. Unefa lah yang menjadikan siapa kami hari,  terimakasih kepada seluruh civitas akademik Unefa,” katanya.

Sapta juga menyampaikan terimakasih kepada orangtua, wali, keluarga dan saudara para wisudawan/ti, yang setia mendukung proses awal perkuliahan hingga hari ini.

Sementara Dr Mahriyuni SH Mhum dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti)  Wilayah I Sumatera Utara berpesan kepada wisudawan agar selalu menghormati orangtua, bekerja keras dengan tekun dan jangan lupa berdoa.

“Wisuda merupakan gambaran bahwa proses akademik berjalan dengan baik. Universitas Efarina telah berkontribusi positif kepada peningkatan SDM anak bangsa. Tetap evaluasi mutu PT secara akuntabel, terbuka dan objektif sehingga tetap mampu mempertahankan akreditasi,” kata Dr Mahriyuni.

“Semua upaya dilakukan untuk meningkatkan mutu Unefa diapreasiasi LLDikti. Semua berjalan secara standar mutu perguruan tinggi. Pengakuan eksternal, sertifikasi SDM, uji kompetensi, mengikuti kebijakan pemerintah tentang merdeka belajar dan kampus merdeka yang mulai berjalan prosesnya,”katanya.

Turut hadir Ketua Yayasan Efarina, mewakili Kapolres Simalungun, mewakili Dandim 0207/Simalungun, mewakil Eporus GKPS, dan para undangan. Wisuda secara luring lulusan Unefa ini mengikuti protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, peserta wajib melakukan swab antigen. Hanya para peserta yang diperbolehkan ke dalam kampus dan ruangan wisuda, sementara orangtua dan keluarga berada di luar kampus. Wisuda kali ini juga dilakukan dua gelombang.(esa/fabe)