Saintek

Telkomsel Perkuat Kapasitas dan Kualitas Jaringan

FaseBerita.ID – Pemerintah telah membangun Rumah Sakit Khusus untuk penanganan pasien pandemi COVID-19, dimana salah satunya berlokasi di Pulau Galang Kota Batam tepatnya pada kawasan bekas Camp Vietnam.

Sebagai bentuk dukungan dalam menjaga memastikan layanan komunikasi petugas kesehatan dan keluarga, Telkomsel telah melakukan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan di sekitar Rumah Sakit Khusus ini.

Demikian disampaikan General Manager NOQM Region Sumbagteng Telkomsel, Alvo Ismail.

Katanya, sejak awal proses pembangunan Rumah Sakit Khusus beberapa waktu lalu, Telkomsel bersama pemerintah setempat telah melakukan pengecekan jaringan mengawal secara langsung perkembangannya di Pulau Galang.

Optimalisasi jaringan Telkomsel dilakukan dengan menghadirkan 1 unit Compact Mobile Base Station (COMBAT) dengan konfigurasi 2G dan 4G melalui pemanfaatan spektrum 900MHz.

Pada layanan 2G dan 4G, Telkomsel juga menambah kapasitas dan jangkauan untuk keduanya. Diharapkan upaya peningkatan kualitas dan kapasitas jaringan ini dapat memenuhi setiap kebutuhan komunikasi di Rumah Sakit Khusus Corona Batam.

Seluruh aktivitas pengamanan jaringan di lokasi tersebut telah selesai dilakukan dan siap dimanfaatkan oleh seluruh pihak, terutama para petugas kesehatan, pasien serta para pemangku kepentingan lainnya.

Kesiapan Telkomsel dalam memberikan kelancaran komunikasi dibuktikan melalui performa jaringan yang maksimal, dimana kecepatan download mencapai 50 Mbps, upload 20 Mbps dengan latency lebih kecil dari 10 ms di Pulau Galang. Telkomsel terus berkomitmen untuk senantiasa menyediakan layanan berkualitas guna menjamin kenyamanan berkomunikasi pelanggan.

Hingga saat ini, Telkomsel mencatat terjadi lonjakan trafik sebesar 25% dari biasanya di sekitar Rumah Sakit Khusus Corona Batam. Lonjakan trafik ini didominasi oleh tingginya pemakaian layanan data di wilayah sekitar Rumah Sakit Khusus tersebut. Sedangkan untuk layanan voice dan SMS cenderung masih stabil dibandingkan biasanya.

Sebagai leading digital telco company, Telkomsel proaktif untuk ikut serta dalam upaya penanganan COVID-19 dengan mengambil peran sebagai connectivity enabler dengan mengoptimalkan seluruh aset, guna menjaga agar semua elemen masyarakat dapat tetap terhubung dan menjaga produktivitasnya pada segala sektor kehidupan.

Telkomsel akan terus berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak yang memiliki kepedulian dan kepentingan yang sama. Telkomel memaknai semangat gotong royong yang didorong pemerintah dengan bergandengan tangan dan mempererat kolaborasi bersama para pemangku kepentingan agar kita semua dapat terus bergerak maju di masa yang penuh tantangan ini.

Informasi lengkap mengenai seluruh langkah penanganan Telkomsel terkait COVID-19 dapat diakses di https://www.telkomsel.com/telkomsel-tanggap-covid19.

Telkomsel adalah operator seluler terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan mencapai lebih dari 170  juta.

Untuk melayani pelanggannya yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk juga di daerah terpencil dan pulau terluar serta daerah perbatasan negara, Telkomsel menggelar lebih dari 209.000 BTS.

Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan teknologi seluler terkini dan menjadi yang pertama melakukan uji coba layanan 5G di Indonesia. Memasuki era digital, Telkomsel terus mengembangkan bisnis digital, di antaranya Digital Advertising, Digital Lifestyle, Mobile Financial Services, dan Internet of Things.

Untuk melayani kebutuhan pelanggan, Telkomsel menggelar call center 24 jam, layanan GraPARI di seluruh Indonesia, layanan pelanggan di cs@telkomsel.co.id, facebook.com/telkomsel, Twitter @telkomsel, serta asisten virtual Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, LINE, Telegram, dan Facebook Messenger Telkomsel. (rel)

USI