Saintek

Petani di Kisaran Kembangbiakkan Pisang Melalui Kultur Jaringan

KISARAN, FaseBerita.ID – Petani di Kisaran, sudah melakukan pengembangbiakan pisang lewat kultur jaringan pada laboratorium PT Hijau Surya yang terketak di Kelurahan Sei Renggas Kecamatan Kota Kisaran Barat, Senin (18/8/2020). Di lokasi ini diproduksi bibit pisang komersial secara global untuk masyarakat petani.

Saat ini, laboratorium kultur jaringan dikembangkan oleh PT Hijau Surya yang dipimpin Irwansyah Tjong merupakan yang pertama teknik pengembangbiakan pertama di Kabupaten Asahan.

“Menurut informasi yang kita dapat, laboratorium ini merupakan yang pertama di Kabupaten Asahan dan terbesar di Sumatera Utara. Diharapkan Laboratorium ini mendukung upaya kecukupan benih pisang komersial di Kabupaten Asahan bahkan untuk seluruh Indonesia bahkan diharapkan bisa mengekspor ke luar negeril,” kata Bupati Asahan H Surya saat berkesempatan meninjau lokasi pembibitan tersebut.

Surya langsung dalam kesempatan itu menginstruksikan Dinas pertanian Kabupaten Asahan untuk segera melakukan pendataan kebutuhan bibit pisang untuk selanjutnya melakukan kerjasama dengan PT Hijau Surya, dalam memenuhinya.

“Semoga kedepan Kabupaten Asahan dapat menjadi salah satu daerah penghasil pisang barangan merah dan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat,” harap Surya.
Sementara itu Pimpinan PT Hijau Surya Irwansyah Tjong menjelaskan, laboratorium miliknya tengah mengembangbiakkan dua jenis pisang melalui kultur jaringan yaitu Pisang Ameh Pasaman dan Pisang Barangan Merah.

Ia menjelaskan, kedua jenis pisang yang tengah dikembangbiakkannya itu merupakan sebuah harapan untuk menjadi sumber benih pisang komersil di Kabupaten Asahan bahkan luar Kabupaten Asahan.

Ia juga menjelaskan proses pengembangbiakan pisang lewat kultur jaringan tersebut dimulai sejak 2018 lalu, dan ditargetkan pada tahun 2020 bisa menghasilkan 10 ribu tunas sampai 20 ribu tunas bibit pisang untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat bukan hanya di wilayah Kabupaten Asahan.

Sementara, untuk satu pohon pisang barangan merah rata rata bisa menghasilkan 20 Kg, dan dalam dua tahun bisa dilakukan tiga kali panen yaitu bulan ke 10, ke 15 dan bulan ke 20.
“Kepada masyarakat Asahan yang memiliki lahan, kita siap untuk melakukan kerjasama untuk pengembangan pohon pisang sekaligus pendampingan dan siap menampung hasil panennya,” ujar Irwansyah.(per/esa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button