Saintek

Mahasiswa FKIP UHKBPNP Gelar Seminar dan Lomba Menulis Artikel Opini

SIANTAR, FaseBerita.ID – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (BEM FKIP) Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP) menggelar seminar sekaligus lomba menulis artikel opini dengan thema ‘Kampus Merdeka pada Pembelajaran Industri 4.0’.

Diharapkan mahasiswa mampu dan memiliki kemauan untuk menulis artikel dalam bentuk opini. Tentunya tulisan tersebut harus memenuhi kaidah-kaidah dalam menulis artikel opini. Seminar ini juga diharapkannya dapat meningkatkan softskill masing-masing peserta.

Rektor UHKBPN Pematangsiantar Prof Dr Sanggam Siahaan Mhum saat membuka seminar, berpesan kepada seluruh peserta agar kegiatan seminar untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa semakin sering dilakukan untuk meningkatkan semangat serta keaktifan mahasiswa.

Sementara itu Dekan FKIP Dr Jumaria Sirait MPd, mengingatkan peserta untuk untuk tetap bersemangat dan terus belajar dari setiap kegiatan mahasiswa yang ada. Serius mengikuti seminar dan harus dibuktikan dengan langsung menulis artikel sesuai kemampuan masing-masing. Semakin sering menulis, kemampuan akan semakin baik.

Bahas Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar

Dalam seminar yang digelar di Aula Kampus UHKBPN Pematangsiantar, Senin (15/3/2021) ini, hadir dua narasumber dengan materi masing-masing; yakni Mungkap Mangapul Siahaan MPd yang merupakan Wakil Dekan III FKIP membawakan materi pembahasan ‘Kampus Merdeka’ dan  Dr Natalina Purba SSos MPd yang membawakan materi ‘Merdeka Mengajar’. Kedua narasumber ini tampil bersama pada sesi pertama.

Moderator Jesica Triani Purba, Mahasiswi Pendidikan Matematika memandu jalannya seminar.

Narasumber Mungkap M Siahaan dalam pemaparannya mengatakan, Gen Z merupakan generasi yang memegang kendali akan teknologi yang sedang berkembang saat ini, dan peserta seminar ini merupakan pelakunya, sehingga memiliki perilaku yang progresif dan bebas. Sementara Natalina Purba mengungkapkan tentang kebebasan berekspresi setiap orang. Bahwa setiap orang memiliki kebebasan namun pelaksanaan dan peruntukkan kebebasan yang diberikan negara sesuai dengan apa yang sepantasnya. Setelah penyampaikan materi, peserta mendapat kesempatan bertanya dan berpendapat dalam sesi tanya jawab.

Pada sesi kedua membahas Tata Cara Penulisan Artikel dengan narasumber Dosen UHKBPNP yang membawa nama Indonesia dengan penelitian yang dilakukan sampai Rusia, yakni Juliaster Marbun, SPd MSi.

“Dalam menulis hanya ada beberapa hal yang harus konsisten dilakukan untuk dapat membuatnya tercipta sempurna, yaitu rajin membaca buku, berdiskusi, berlatih dan menempatkan ATM (amati, telusuri, dan modifikasi ) dan carilah suasana yang membuat dirimu untuk produktif dalam bekerja,” papar Juliaster.

Juliaster menjelaskan,dalam menulis , penulis harus memahami secara luas apa yang ditulis. Mencari data sebanyak mungkin terkait isi thema tulisan, baik secara lisan dengan berdiskusi bertanya kepada narasumber terkait maupun mencari data melalui buku maupun internet. Tulisan menjadi karya ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan. Cara penulisan, pemilihan judul sebaiknya harus dilatih agar pembaca tertarik dan berpikiran kritis.

Di akhir seminar Jesica Triani Purba menyampaikan hasil kesimpuan seminar. Dimana dalam menulis artikel, mahasiswa memiliki kesempatan besar. Modal saat ini sedang aktif kuliah, sehingga berkesempatan untuk bertanya kepada dosen. Mahasiswa juga berkesempatan belajar melalui buku yang tersedia di perpustakaan dan paling diuntungkan, mahasiswa saat ini dapat belajar secara luas melalui internet.

“Kita harus mulai menulis artikel. Mengumpulkan semangat untuk memulai dan kita pasti bisa,” katanya.

Gelar Lomba Menulis Artikel

Tindak lanjut Seminar Menulis Artikel dilanjutkan dengan menggelar lomba menulis artikel opini. Panitia BEM FKIP memberikan kesempatan hingga 17 Maret 2021, untuk mahasiswa menulis artikel opini dengan thema ‘Kampus Merdeka pada Pembelajaran Industri 4.0’. Peserta yang menyerahkan naskah opini sebanyak 26 orang yang dinilai oleh juri.

Juara pertama diraih Ara Doni Nainggolan dengan judul opini ‘Resonansi Kampus Merdeka dalam Mekanika Kuantum’. Disusul Ratna Saputri Saragih dengan judul ’Kampus Merdeka Berpeluang Besar dalam Menyeimbangi Industri 4.0’ dan juara ketiga diraih Rita M Siregar dengan judul ‘4 Konsep Kampus Merdeka dalam Pembelajaran Industri 4.0’.

Juara harapan pertama diraih Nanda Ayu Safira dengan judul ‘ Relasi Pembelajaran Industri 4.0 terhadap Drama Korea’ dan juara harapan dua diraih Juliys Martunas Sihite dengan judul ‘Transformasi di Era Kampus Merdeka,”.

Seluruh naskan para peserta akan dicetak dalam bookchapter sehingga tulisan-tulisan itu dapat diabadikan serta menjadi pembangkit semangat untuk mahasiswa lain dalam menulis.

Ketua Panitia Daniel Peranginangin menyampaikan terima kasih kepada peserta seminar serta peserta lomba menulis artikel, yang tetap bersemangat mengikuti kegiatan seminar  dan lomba walau diadakan saat pandemi dengan tetap dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Sementara Ketua BEM FKIP Erwin Parulian Purba, menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan seminar dan lomba menulis artikel yang digelar BEM FKIP UHKBPN Pematangsiantar tahun 2021. Apresiasi juga disampaikan kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas mahasiswa dalam menulis artikel opini. Pro Deo Et Patria, UHKBPNP Unggul dan Berdaya Saing.(rel/esa)