Saintek

Jamin Keamanan Smartphone Android dengan 5 Langkah Ini

FaseBerita.ID – Keamanan tak dimungkiri telah menjadi perhatian pengguna smartphone Android saat ini. Karenanya, tidak sedikit pengguna yang meluangkan waktu lebih untuk memastikan keamanan akun dan perangkat Android miliknya.

Meski bagi sebagian pengguna hal ini merepotkan, Google sebenarnya sudah membekali Android dengan fitur dan sistem keamanan di dalamnya.

Kehadiran fitur dan sistem ini jelas memudahkan pengguna untuk mengecek maupun memastikan keamanan smartphone Android miliknya.

1. Google Play Protect
Play Protect merupakan pemindai malware yang ditanamkan Google di smartphone Android. Sesuai fungsinya, fitur ini akan memindai aplikasi yang ada di perangkat untuk memastikan tidak ada malware di dalamnya.
Fitur ini memang aktif secara otomatis, tapi kamu dapat mengecek untuk memastikannya. Jadi, kami tinggal membuka menu Setting, pilih Security, dan buka Google Play Protect.

Setelah itu, buka ikon gerigi yang ada di pojok kanan atas layar. Begitu terbuka, kamu tinggal memastikan bahwa opsi Scan apps with Play Protect dan Improve harmful app detection telah aktif.

2. Aktifkan Fitur Lock Screen
Selain sistem Android sendiri, kamu juga perlu memastikan keamanan perangkatmu. Untuk itu, kamu perlu mengaktifkan fitur Lock Screen agar perangkatmu tidak dapat dibuka sembarang orang.

Bagi kamu yang belum mengetahu caranya, kamu dapat membuka menu Setting, pilih Security, dan buka Screen Lock.

Setelah terbuka, kamu tinggal memilih jenis penguncian layar yang diinginkan, mulai dari PIN, password, hingga biometrik.

Untuk menambah privasi, kamu juga dapat mengatur tampilan notifikasi yang diterima. Jadi, kamu bisa mengaktfikan opsi hide sensitive notification content atau hide all notifications on the lock screen.

3. Jalankan Security Checkup Google
Keamanan akun Google juga tidak kalah penting kamu jaga. Karenanya, kamu perlu melakukan pengecekan rutin Security Checkup untuk memastikan keamanan akunmu.

Kamu dapat membuka menu Settings, pilih Google. Setelahnya, kamu tinggal membuka Manage your Google Account dan buka opsi Security untuk mengetahui apakah ada masalah di akun milikmu.

4. Pakai Safe Browsing di Chrome
Chrome menggunakan peramban bawaan yang biasanya ada di perangkat Android. Meski tidak banyak yang mengetahui, peramban ini juga memiliki sistem keamanan di dalamnya.

Caranya, kamu tinggal membuka ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Settings. Setelah, buka Sync and Google Service, lalu pastikan aktikfan fitur Safe Browsing.

5. Jangan Instal Aplikasi dari Sumber Tidak Jelas
Sebagian pengguna perangkat Android mungkin sudah tidak asing dengan opsi Installing Apps from Unknown Sources. Opsi ini memang membantu pengguna yang ingin memasang aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga atau dalam bentuk APK.

Namun perlu diketahui, opsi ini memiliki ancaman keamanan tersendiri. Untuk itu, bagi kamu yang memang tidak pernah memasang aplikasi dari pihak ketiga, pastikan opsi ini dinonaktifkan. (int/fabe)

 

USI