Saintek

Dibuka Kepala LLDIKTI Secara Daring, Universitas Asahan Gelar PKKMB

KISARAN, FaseBerita.ID – Universitas Asahan (UNA) menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2020/2021 di kampus secara daring, Selasa (22/9).
PKKMB dibuka oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I (LLDIKTI I) Sumatera Utara, Prof Dian Armanto MPd MA MSc PhD.

Adapun tema PKKMB yakni Membangun Generasi berkarakter yang memiliki integritas, wawasan kebangsaan, unggul inovatif, dan berdaya saing dalam era revolusi 4.0.

Prof Dian Armanto dalam sambutannya mengungkapkan, pelaksanaan PKKMB kali ini bernuansa beda dengan tahun sebelumnya. Meski berlangsung secara daring, diharapkan tidak mengurangi substansi yang ingin disampaikan kepada seluruh mahasiswa baru.

“Meskipun kegiatan ini berlangsung secara daring, saya berharap mahasiswa baru tetap bisa saling mengenal,” katanya.
Dian menerangkan, PKKMB adalah ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 4.0 yang menuntut mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21.

“Kompetensi-kompetensi itu antara lain kemampuan berpikir nalar kreatif dan kritis, problem solver, terampil berkomunikasi, berkolaborasi, memahami bidang kerja dan pengembangan karirnya serta pentingnya belajar sepanjang hayat”, terangnya.

Adapun tujuan dilaksanakannya PKKMB antara lain adalah sebagai wadah bagi para mahasiswa baru untuk mengenali lingkungan kampus dan membantu mempersiapkan proses masa transisi menjadi mahasiswa yang lebih mandiri serta dewasa.

Sementara itu, Sekretaris LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Dr Mahriyuni MHum mengungkapkan, bahwa UNA termasuk perguruan tinggi yang tata kelolanya sudah baik.
“Ini terbuktinya Akreditasi Institusi dan Program Studinya terakreditasi “B” yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan UNA berada pada peringkat kelima perguruan tinggi swasta di Sumatera Utara dan masuk klaster empat perguruan tinggi secara nasional”, ungkapnya.

Rektor UNA Prof Dr Ibnu Hajar MSi diwakili Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Tri Harsono MSi mengatakan berterima kasih kepada seluruh mahasiswa yang telah memilih UNA menjadi tempat menuntut ilmu.

“Selamat datang di UNA. Mudah-mudahan Anda meraih cita-cita yang diimpikan. Ilmu yang sudah dipilih diberbagai Prodi bisa menyelesaikan perkuliahan sampai akhir sesuai dengan yang dicita- citakan”, ujarnya.
Pada kegiatan ini, mahasiswa baru diberikan berbagai materi yang disampaikan oleh narasumber ternama. Materi tersebut tentang wawasan kebangsaan, tentang inovasi dalam pandemi global Covid-19, tentang strategi sukses, tentang anti korupsi, dan pelatihan program kreativitas mahasiswa.

Pemateri lain juga turut dihadirkan untuk memberi arahan dan motivasi kepada mahasiswa baru, mulai dari Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh SSos, Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto SIK MSi.
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir Ansoruddin Harahap MP dalam laporannya mengatakan, PKKMB 2020 dilaksanakan secara daring dan luring akibat pandemi Covid-19.

“PKKMB kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana tidak dilakukan secara tatap muka langsung melainkan secara daring,” katanya.
Untuk PKKMB tahun ini diikuti mencapai 850 mahasiswa lebih, dan dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 15-19 September 2020, atau 1 hari per fakultas.(per/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button