Saintek

Cara Hemat Paket Kuota Internet di Smartphone

Pengguna smartphone di masa sekarang ini sudah sangat tinggi. Kegunaannya bukan sekedar alat komunikasi menelepon dan sms saja, tetapi juga digunakan untuk memperoleh informasi apapun yang diinginkan. Untuk memperoleh informasi, maka smartphone harus terkoneksi ke internet.

Paket internet yang ditawarkan oleh operator seluler di Indonesia memiliki harga yang beragam, tergantung berapa kuota yang kamu butuhkan. Semakin sering kamu berselancar di dunia maya atau bermain game online, maka akan semakin deras pula kuota yang disedot.

Masih cukup banyak dari pengguna smartphone yang kurang paham bagaimana menghemat paket internet. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk menghemat paket internet agar tidak cepat boros.

1. Manfaatkan mode offline

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghemat paket internet adalah dengan memanfaatkan mode offline. Memang hampir sebagian besar aplikasi yang beredar saat ini menggunakan koneksi internet.

Namun, bukan berarti aplikasi-aplikasi itu tidak bisa dipakai secara offline, seperti misalnya YouTube, Google Maps, dan Netflix. Di YouTube dan Netflix kamu bisa mengunduh video terlebih dahulu untuk nantinya kamu nikmati secara offline. Kamu bisa memanfaatkan Wi-Fi yang ada di rumah, kampus, atau kantor untuk mengunduh.

Untuk Google Maps, kamu juga bisa mengunduh peta wilayah yang biasa kamu lewati untuk nantinya kamu tak perlu lagi menggunakannya secara online. Selain aplikasi yang disebutkan tadi, aplikasi streaming musik seperti Spotify juga bisa dipakai dengan cara yang sama.

2. Matikan paket data

Di semua smartphone saat ini sudah pasti ada opsi untuk mematikan paket data atau koneksi internet. Kamu bisa mematikan data apabila tidak begitu dibutuhkan. Maksudnya tidak begitu dibutuhkan adalah ketika kamu tertidur di malam hari atau mungkin sedang dalam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Dengan mematikan paket data sejenak, maka paling tidak akan menghemat pemakaian kuota internetmu. Karena ada beberapa aplikasi yang terus berjalan di background dan menyedot kuota internetmu.

Kamu juga bisa memanfaatkan Wi-Fi yang ada di lingkungan sekitarmu, seperti di kantor, rumah, dan lainnya. Namun, pastikan kamu tidak melakukan kegiatan transaksi perbankan jika menggunakan Wi-Fi publik.

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya peretasan. Pastikan juga kamu mematikan koneksi Wi-Fi jika sudah tak menggunakannya untuk menghindari smartphone terus mencari sinyal Wi-Fi yang berakibat pada borosnya baterai HP.

3. Matikan auto-download atau auto-update

Kamu termasuk pengguna yang memiliki banyak aplikasi di dalam smartphone? Kalau begitu, pastikan kamu mematikan fitur auto-download atau auto-update yang ada di toko aplikasi digitalmu, seperti Google Play Store dan App Store.

Karena jika tidak dimatikan, maka smartphone akan secara otomatis akan memperbarui aplikasi yang kamu miliki. Semakin banyak aplikasi yang minta diperbarui maka akan semakin banyak kuot internet yang akan tersedot.

Kalaupun kamu ingin agar aplikasimu tetap update, maka kamu bisa memilih opsi update dengan hanya menggunakan koneksi Wi-Fi. Aplikasi akan secara otomatis diperbarui jika ponselmu tersambung ke Wi-Fi.

Nah, itu dia tadi sedikit informasi mengenai tips menghemat paket internet 2019. Kamu pun kini bisa membeli paket internet melalui aplikasi Traveloka. Berbagai macam kemudahan ditawarkan ketika membeli paket internet di Traveloka, seperti misalnya praktis, fleksibel, dan yang pasti harganya bersaing. (fi)

iklan usi



Back to top button