Saintek

Arloji Pintar Realme Watch S Ekonomis tapi Kaya Fitur

FaseBerita.ID – Realme di Indonesia mulai mengumumkan kesiapannya masuk ke sektor bisnis lain selain menjual smartphone pada Juni 2020. Perangkat terkoneksi internet atau Internet of Things (IoT) dikonfirmasi akan mulai banyak masuk mulai 2020 termasuk earphone nirkabel, gelang pintar atau smart band, sampai smartwatch atau arloji pintar.

Realme merealisasikan rencananya itu dengan membesut smart band pertamanya pada akhir April 2020 lalu.

Setelahnya, melanjutkan strateginya yang mulai merangsek masuk ke pasar perangkat IoT, Realme resmi membawa smartwatch perdananya yang disebut Realme Watch dan kini berlanjut ke Realme Watch S dan Watch S Pro yang belum lama dihadirkan.

Realme Watch S sendiri sempat dipamerkan di ajang IFA 2020 Berlin dan kemudian hadir ke pasar Indonesia pada November lalu. Realme Watch S kurang lebih mirip dan menjadi awal dari perangkat Watch S Pro.

Desain

Dari segi desain, perangkat smartwatch ini hadir dengan faktor bentuk yang familiar. Bentuk dan desain pokok arloji pintar dengan jargon “Smarter Round the Clock” ini hadir berbentuk bulat. Desain ini juga banyak dipakai para pembuat smartwatch kompetitor seperti Samsung, Huawei dan banyak lagi.

Realme Watch S yang hadir diklaim sebagai perangkat penunjang asisten kesehatan terbaik di segmen Rp 1 jutaan ini hadir dengan layar sentuh berwana yang besar dengan ukuran 1,3 inci dengan resolusi 360 x 360pixel (278 PPI) yang menampilkan visual cukup jelas dan nyata dengan fitur kecerahan otomatis yang sangat berguna. Dari sisi desain, Realme Watch S juga hadir dengan balutan casing bermaterial alumunium campuran yang kokoh namun trendi dengan hadirnya dua buah tombol fisik untuk kontrol perangkat.

Realme Watch S juga sudah mendukung fitur kecerahan otomatis, berkat sensor cahaya sekitar, layar dapat menyesuaikan kecerahan antara lima level, dan kecerahan puncak dapat mencapai hingga 600 nits. Berdasarkan pengujian kami, ini adalah faktor yang membuat tampilan lebih baik dari pada kebanyakan smartphone.

Permukaan layarnya menggunakan 2.5D Corning Gorilla Glass 3 yang dipadukan dengan frame bulat. Di bagian wajah arloji, Realme memberikan sentuhan desain visual berupa angka-angka fisik ala arloji konvensional yang semakin menambah gaya pada perangkat ini.

Layar dari Realme Watch S mampu memberikan sentuhan yang mulus dan nyaman. Sentuhannya juga responsif dan ini memungkinkan pengguna mengontrol jam tangan dengan mudah kendati dipakai konsumen dengan “size lebih” yang memiliki lingkar pergelangan tangan dan ukuran jari-jari yang besar.

Dalam paket penjualan, smartwatch ini hadir dengan aksesori lain berupa dock charger magnetik ditambah dengan buku panduan dan kartu garansi. Boks atau kotak penjualannya sendiri masih berbentuk persegi panjang dan berwarna kuning cerah persis seperti kotak penjualan smartphone Realme kebanyakan dan perangkat Realme Watch terdahulu.

Jam tangan pintar ini secara dimensi hadir dengan ukuran Size: 259,5 x 47 x 12 mm dengan bobot keseluruhan hanya 48 gram saja. Angka-angka tersebut menurut kami sudah ideal untuk ukuran sebuah smartwatch terlebih sebagai perangkat asisten kesehatan personal.

Spesifikasi

Arloji pintar ini untuk mendukung performa harian penggunanya hadir dengan sokongan baterai 390 mAh, hampir dua kali lebih besar dari ukuran baterai perangkat smartwatch pertama mereka yakni Realme Watch yang juga pernah kami ulas yang hanya memiliki ukuran 160 mAh saja.

Realme Watch S
Realme Watch S

Dengan ukuran baterai segitu pada sebuah perangkat arloji pintar, mampu bertahan dalam masa pakai hingga 15 hari penggunaan dengan berbagai fitur di dalamnya aktif dan terkoneksi smartphone menggunakan aplikasi cerdas pendaming Realme Link.

Spesifikasi lainnya dari perangkat jam tangan pintar Realme ini adalah 3-axis accelerometer, Heart rate sensor, Rotor Vibration motor sampai ketahanan air hingga kedalaman 1,5 meter dengan sertifikasi IP68 (1,5 meter kedalaman air) Water Resistance Rating. Selain itu, untuk kebutuhan koneksi, jam pintar ini sudah dibekali dengan teknologi Bluetooth 5.0, Realme Link APP dan berjalan pada sistem operasi (OS) Android 5.0+.

Penggunaan

Penggunaan awalnya sangat mudah bagi pengguna smartwatch Realme pemula. Ada dua tombol fisik di area samping kanan pada perangkat ini. Cukup ditekan selama tiga detik pada tombol bagian atas untuk mengaktifkan Realme Watch S ini.

Namun saat pertama kali digunakan, pastikan untuk mengisi daya jam tangan untuk mengaktifkannya dan sudah mengunduh aplikasi Realme Link di smartphone yang akan dipasangkan dengan jam tangan ini. Kalau sudah, penggunaan bisa dilakukan dengan cukup banyak mengeksplor fitur-fitur jam ini.

Tampilan standar watch face pada Realme Watch S dapat menampilkan banyak data utama yakni waktu, tanggal, langkah, detak jantung, dan kalori yang merupakan hal yang paling diinginkan oleh pengguna. Sementara itu, pengguna juga dapat memilih kustomisasi di antara banyak watch face yang tersedia lainnya.

Realme Watch S masih menjadi perangkat andalan di segmennya dengan hadirnya sensor detak jantung optik PPG dengan presisi tinggi. Ini mendukung pemantauan detak jantung 24 jam tanpa gangguan dan mengukur detak jantung pengguna dengan sigap dan tepat. Menariknya lagi, pengguna juga akan diberi tahu jika detak jantung mereka terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk melindungi kesehatan sepanjang hari.

Realme Watch S membawa sensor PPG level atas dari Goodix. Pemantauan detak jantung dilakukan dengan memancarkan cahaya hijau dengan panjang gelombang tertentu ke kulit, kemudian mendeteksi cahaya yang dipantulkan. Sensor di Realme Watch S bekerja dengan sangat baik dalam berbagai faktor utama seperti akurasi, kompatibilitas warna kulit, dan konsumsi daya.

Saat dikenakan, Realme Watch S dapat mendeteksi detak jantung setiap 5 menit 24/7. Jika dalam kondisi khusus, detak jantung lebih rendah atau lebih tinggi dari ambang batas aman, Realme Watch S akan mengirimkan alarm detak jantung untuk mengingatkan pengguna agar selalu memperhatikan kesehatan fisik mereka.

Realme Watch S juga dapat mendeteksi tingkat oksigen dalam darah. Oksigen darah adalah salah satu indikator terpenting kesehatan fisik. Jika oksigen darah terlalu rendah, itu berarti sel tidak bisa mendapatkan cukup oksigen, yang akan menimbulkan berbagai gejala.

Biasanya pendeteksian oksigen darah memerlukan peralatan medis, tetapi sekarang dengan Realme Watch S, pengguna dapat memantau oksigen darah mereka kapan saja. Dalam hal akurasi, Realme Watch S juga mencapai level yang cukup tinggi, sebanding dengan monitor oksigen darah medis.

Selain itu, Realme Watch S juga mendukung hingga 16 jenis mode olahraga mencakup Lari Luar Ruang, Jalan Kaki, Lari Dalam Ruangan, Bersepeda di Luar Ruangan, Aerobik, Latihan Kekuatan, Sepak Bola, Bola Basket, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Bersepeda di Dalam Ruangan, Latihan Eliptikal, Yoga, Sepeda Statis, Rowing Machine, dan Kriket.

Dari sekian banyak fitur yang tersaji, ada satu yang kami suka yakni Realme Watch S dapat mengidentifikasi apakah pengguna berjalan atau berlari, dan algoritma penghitungan langkah yang akurat membuat setiap langkah berarti.

Realme Watch S juga memiliki fungsi kesehatan paling komprehensif termasuk banyak fungsi praktis: pemantauan langkah, pengingat duduk, pemantauan tidur, pengingat hidrasi, dan meditasi relaksasi. Di luar fungsi kesehatan dan olahraga serta asisten kesehatan pribadi, Realme Watch S dapat menerima hampir semua notifikasi aplikasi dan menampilkan beberapa ikon yang sesuai.

Realme Watch S dapat dihubungkan dengan mudah dengan smartphone dan mendukung tampilan panggilan, SMS serta pesan aplikasi pihak ketiga. Realme Watch S telah diadaptasi ke hampir semua aplikasi pihak ketiga untuk notifikasi pintar, termasuk aplikasi yang paling umum digunakan seperti Facebook, Whatsapp, Instagram, dan lainnya bahkan untuk mengontrol musik dan kamera smartphone.

Kesimpulan

Jam tangan cerdas ini tetap bisa maksimal fungsinya karena ada fitur-fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan pengguna pada umumnya. Dari segi desain, Realme Watch S juga keren dan macho, untuk pengguna wanita juga masih bisa masuk mengingat sentuhannya yang elegan pada beberapa sisi. Sebagai pengguna umum atau tidak terlalu sering berolahraga, jam pintar ini efektif dan bisa diandalkan.

Pemantau aktivitas harian, detak jantung dan oksigen dalam darah cukup bisa memberikan sinyal kapan bagi pengguna harus beristirahat, banyak minum air putih dan jumlah langkah yang sudah dicapai. Umur pakai jam terbilang awet. Ini memungkinkan untuk lebih leluasa seperti memakai jam pada umumnya yang tidak terlalu direpotkan dengan urusan pengecasan berulang-ulang yang menurut kami cukup merepotkan. (jp/int)