Riwayat

Ular Raksasa Menjadi Batu di Humbahas

FaseBerita.ID – Dusun Parduaduaan, Desa Sihas Tonga, Kecamatan Parlilitan, merupakan batas Kecamatan Parlilitan dengan Kecamatan Tarabintang, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Kalau kita melakukan perjalanan ke Tarabintang dari Parlilitan, tersuguh pemandangan yang sangat indah, antara lain lereng gunung dan hutan yang asri, serta persawahan warga, dan kebun karet di areal sekitar. Ini merupakan milik warga sebagai mata pencaharian di wilayah tersebut.

Sisi kiri menuju Tarabintang lewat Desa Sihas Tonga Kecamatan Parlilitan, terdapat pemandangan yang menakjubkan kembali yakni, air terjun tingginya kira-kira 100 meter yang mengalir deras. Warga menyebutnya Air Terjun Cenduh. Di aliran air ini banyak terdapat ikan bernama Ihan Batak.

Di sekitar lokasi sungai ada legenda tentang ular menjadi batu. Pada sisi air terjun ada sebuah batu besar dan panjang kurang lebih 30 meter.

Konon, dahulu kala ada seekor ular besar yang memiliki kelakuan yang sangat kejam. Ular itu  membuat resah warga. Manusia sering menjadi korban ketika melewati jalan melintas ke daerah Tarabintang.

Raja Sigunja yang merupakan penguasa di daerah Papatar yang terkenal sakti. Konon, ia ini bisa menghilang dan dan sangat dikagumi warga kehebatannya. Kenapa Raja Sigunja Terlibat dalam cerita ini? Suatu waktu putri Raja Sigunja menghilang dan tidak diketahui keberadaanya.



Pascasarjana

Unefa
1 2Laman berikutnya
Back to top button