Riwayat

Sejarah Kota Sibolga

Pada saat itu, Ompu Datu Hurinjom Hutagalung, yang berasal dari daerah Silindung (Batak Toba), membuat pemukiman baru di daerah Simaninggir di sekitar Bonan Dolok, 10 Km dari sebelah Utara Sibolga. Tempat tersebut terletak didaratan yang tinggi, sehingga sangat strategis untuk memantau perkembangan keadaan di teluk Tapian Nauli.

Ompu Datu Hurinjom Hutagalung berkeparawakan tinggi besar dan Kharismatik. Sehingga, sangat disegani penduduk. Penduduk merasa aman jika singgah di tempat beliau, dan sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat batak untuk memanggil seseorang dengan menyebutkan bentuk dan sifat karakter yang dimiliki seseorang. Sehingga, jika orang mau singgah di tempat Ompu Datu Hurinjom Hutagalung, selalu dengan sebutan ‘beta singga tu inganan ni si Balga i’ (ayo singgah di tempat orang yang besar itu).

Selanjutnya, salah seorang dari keturunan Ompu Datu Hurinjom Hutagalung, yang bernama Raja Luka Hutagalung datang ke Sibolga, untuk membuka pemukiman baru di sekitar Sungai Aek Doras, tidak jauh dari Muara Sungai.

Pusat permukiman berada antara kantor PLN Sibolga sampai ke kantor Pos Sibolga. Saat ini dan pada saat itu, sungai Aek Doras masih dapat di lalui oleh perahu sampai ke Aek Marhusor, sekitar Gereja Sibolga Julu sekarang. Dan peristiwa membuka Huta (Kampung) baru tersebut, terjadi tanggal 2 April Tahun 1700 masehi.

Laman sebelumnya 1 2 3 4Laman berikutnya