Riwayat

Boyke Nainggolan, Perwira dari Sumut yang Cerdas Luar Biasa

FaseBerita.ID – “BOYKE Nainggolan seorang perwira Batak Toba dan dianggap sebagai salah seorang perwira tempur Angkatan Darat terbaik,” tulis Audrey Kahin dan George McTurnan Kahin dalam Subversi sebagai Politik Luar Negeri: Menyingkap Keterlibatan CIA di Indonesia.

Boyke Nainggolan seorang Perwira Batak Toba, yang kematiannya meninggalkan jejak misteri. Tak ada yang mengetahui akhir kehidupannya saat ia menjadi Wakil Direktur Pertamina cabang Sumatera Timur.

Di bawah menara radio dekat perumahan Pertamina di Medan, tubuhnya tergeletak tak bernyawa. Menurut dugaan yang berkembang, penyebab kematiannya adalah karena bunuh diri. Dugaan itu tak memuaskan penasaran sang ayah.

Lantas ayahnya, Dr Nainggolan mendesak untuk menyelidiki kematiannya, namun saat itu pemerintah menghalangi jalannya. Dengan berat hati, Boyke dimakamkan di Berastagi.

Meskipun kematiannya tragis, tapi Boyke Nainggolan semasa hidupnya adalah seorang perwira tempur Angkatan Darat terbaik di Medan. Sejak ibu dan saudari-saudarinya terbunuh, ia mempunyai trauma secara psikologis pada daerah Berastagi, sebuah dataran tinggi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.



Pascasarjana

Unefa
1 2 3 4 5Laman berikutnya
Back to top button