Riwayat

Berdirinya Tiang Bendera dari Beton di Depan Istana

Mari sedikit membahas tentang anak tangga 17 dan tiang 17. Anak tangga 17 yang dinaiki Paskibraka putri dalam proses pengambilan bendera duplikat pusaka sebenarnya adalah anak tangga serambi depan Istana Negara yang berjumlah 16 anak tangga. Dengan ditambah satu anak tangga dari panggung Inspektur Upacara, maka jumlah anak tangga menjadi 17.

Mengenai tiang 17, mengulas tentang sejarah pembangunan tiang beton berukuran 17 meter yang menjadi tiang bendera Istana Negara ini. Tiang bendera yang menjadi salah satu kebanggaan bangsa Indonesia tempat dimana Bendera Pusaka yang dijahit tangan Ibu Fatmawati dikibarkan, dan juga tempat duplikat pusaka dikibarkan.

Setiap kali upacara bendera untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus, dan terjadi pengibaran bendera di Istana Negara atau Istana Merdeka Jakarta, mata segenap bangsa Indonesia bahkan dunia tertuju kepada upacara pengibaran bendera di Istana Merdeka itu.

Yang kita lihat pada upacara pengibaran bendera itu adalah betapa kokoh, megah dan perkasanya tiang bendera yang terdapat di Istana Merdeka itu. Lalu, ditambah lagi dengan gagahnya paskibraka, yang terdiri dari putra-putri anak-anak generasi muda saat ini yang diseleksi secara ketat dari berbagai sekolah di Tanah Air, yang begitu terlatih mengibarkan sang saka merah putih, benar-benar menambah kokohnya tiang bendera itu.

Belum lagi ditambah dengan gagahnya para pemimpin upacara dari TNI yang juga terseleksi secara ketat dari para prajurit pilihan di masing-masing angkatan.

Laman sebelumnya 1 2 3 4 5Laman berikutnya