Riwayat

Berdirinya Tiang Bendera dari Beton di Depan Istana

Yang kita lihat pada upacara pengibaran bendera itu adalah betapa kokoh, megah dan perkasanya tiang bendera yang terdapat di Istana Merdeka.

Ditambah lagi dengan gagahnya Paskibraka yang terdiri dari putra-putri anak-anak generasi muda saat ini, yang diseleksi secara ketat dari berbagai sekolah di tanah air yang begitu terlatih mengibarkan Sang Saka Merah Putih, benar-benar menambah kokohnya tiang bendera itu.

Belum lagi ditambah dengan gagahnya para pemimpin upacara dari TNI yang juga terseleksi secara ketat dari para prajurit pilihan di masing-masing angkatan. Sehingga, sempurnalah gagahnya pengibaran bendera kebangsaan sekaligus kebanggaan bangsa Indonesia di hari Perayaan Kemerdekaan RI.

Bagaimana kita menyibak asal usul tiang bendera dan juga Paskibraka itu? Paskibraka, hampir semua orang Indonesia mengenal kata itu, sepasukan pelajar yang diseleksi ketat yang bertugas mengibarkan bendera. Begitu juga dengan kata “Bendera Pusaka” dan bendera duplikat pusaka, pasti sebagian besar rakyat Indonesia telah mengetahuinya.

Jika mengamati prosesi Detik-detik Proklamasi di Istana Negara, tanggal 17 Agustus, disaat proses dimana Paskibraka hendak mengibarkan bendera duplikat pusaka, ada momen disaat seorang anggota Paskibraka Putri mengambil bendera melalui tangga 17. Disebut tangga 17 karena memang anak tangga tersebut berjumlah 17.

Setelah itu, yang pasti mendapat perhatian khusus dari seluruh penjuru Indonesia dan juga dunia adalah proses saat dimana tiga orang anggota Paskibraka yang akrab disebut Kibra (Pengibar Bendera) mulai mengibarkan bendera dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan tiang bendera yang dipergunakan adalah tiang 17, dan disebut tiang 17 karena memang tinggi tiang tersebut adalah 17 meter.

Laman sebelumnya 1 2 3 4 5Laman berikutnya