Riwayat

Berdirinya Tiang Bendera dari Beton di Depan Istana

FaseBerita.ID – Dalam sejarah, setelah Proklamasi Kemerdekaan 1945, rongrongan demi rongrongan dari pihak sekutu yang diboncengin Belanda masih terus berlanjut. Agresi militer Belanda II yang menyebabkan berpindahnya ibukota negara ke Istana Yogyakarta.

Para Pemimpin Indonesia termasuk Soekarno diasingkan ke Bangka. Setelah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949, maka pusat pemerintahan kembali ke Jakarta.

Hal pertama yang dilakukan Presiden Soekarno sekembalinya ke Jakarta adalah membuat tiang bendera dari beton di depan istana negara. Maka, atas peristiwa itu, Bung Karno acap berkata, “That was the first thing I did.”

Itulah sejarah singkat mengenai tiang Bendera dari Beton yang dibangun diawal tahun 1950, dan menghabiskan biaya 30 Ribu rupiah, yang mengiringi berkibarnya Bendera Pertama kali di Istana Negara Jakarta pada Agustus 1950, seiring berubahnya RIS menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setiap upacara bendera untuk merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus, dan pengibaran bendera di Istana Negara atau Istana Merdeka Jakarta, mata segenap bangsa Indonesia bahkan dunia tertuju kepada upacara pengibaran bendera di Istana Merdeka itu.



Pascasarjana

Unefa
1 2 3 4 5Laman berikutnya
Back to top button