Otomotif

Wujud Asli Suzuki XL7 Bakal Diluncurkan Februari

FaseBerita.ID – Diam-diam PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sedang mempersiapkan Suzuki Ertiga model crossover dengan nama XL7. Model baru ini terjepret kamera dan muncul di media sosial.

Pihak SIS saat dikonfirmasi terkait hal ini masih malu-malu dan enggan bicara banyak. Saat disinggung masalah kesiapan dan waktu peluncuran hanya menjawab “Kami siap tempur dan tunggu kabar selanjutnya”.

Namun rumor yang beredar di media sosial terkait peluncuran XL7 di sebutkan kalau launching XL7 akan dibuatkan acara Suzuki Day, estimasinya tanggal 15 Februari berlokasi di salah satu museum di TMII.

Ya, bila melihat foto yang beredar tampak kalau XL7 berjejer sudah siap dikirim ke diler.

Suzuki XL 7 yang sudah siap didistribusikan untuk diler. (OLX)

Kemunculan XL7 digadang untuk melawan Xpander Cross dan BR-V yang muncul lebih dulu. Seperti diberitakan sebelumnya di India mobil yang mengambil basis Ertiga ini lebih dulu meluncur dengan nama XL6.

Suzuki XL7 merupakan turunan dari XL6 yang artinya sama-sama mengusung model crossover yang salah satu cirinya terdapat roofrack. Pastinya ada beberapa perbedaan interiornya dimana Suzuki XL7 menampung hingga tujuh orang penumpang. Sedangkan Suzuki XL6 hanya enam penumpang karena mengusung konsep captain seat di bangku baris ke dua.

Tak ada informasi update terkait mesin yang akan digunakan, namun kemungkinan besar masih menggunakan mesin yang dipakai Suzuki Ertiga. Akan tetapi akan mendapat sentuhan lagi karena mobil ini berjenis crossover yang butuh banyak tenaga.

Fitur yang Akan Muncul

Di tahun 2020 salah satu produsen mobil asal Korea Selatan merek Kia rupanya sedang sibuk mempersiapkan diri untuk meluncurkan mobil baru. Rumor ini sebenarnya sudah lama terdengar sejak tahun kemarin dimana rencananya akan menawarkan 44 unit baru.

Salah satu rumor yang paling santer adalah kemunculan mobil SUV sebagai pengganti Sportage yaitu Kia Seltos. Mobil ini sudah muncul lebih dulu di India dan belum lama ini kemunculannya dapat dijumpai di Singapura.

Mobil ini sudah dilengkapi berbagai fitur seperti keyless entry, lampu proyektor, airbag, audio control, sensor parking. Tak ketinggalan ada kamera 360, sunroof elektrik, blind view monitor, wireless charger, dengan sistem audio Bose.

Hadir sebagai crossover 5-seater Kia Seltos di Indonesia akan bersaing dengan Honda HR-V, Toyota C-HR, dan Suzuki SX4 S-Cross. Dari tampilannya Kia Seltos memiliki bahasa desain khas yaitu tiger-nose grille. Sudah dilengkapi LED DRL, LED foglamp dan LED headlight modern, serta bumper beraksen krom.

Melihat bodi sampingnya terlihat garis hitam tegas di pintu bagian bawah, menggunakan velg 5 palang terbelah, dan jendela dengan frame krom. Tampilan garang makin terlihat dengan adanya over-fender hitam serta roof-rail di atapnya.

Sementara bila dilihat dari belakang, sudah terpasang LED taillight modern dan futuristik yang terhubung dengan garis krom. Pada bagian bawah terpasang dual-muffler cover yang hanya berfungsi sebagai pemanis tampilan, serta skid-plate.

Dapurpacunya dibenamkan mesin 1.500 cc dengan tenaga 115 ps, selain itu ada pilihan mesin diesel 1.493 cc yang mememiliki tenaga mirip dengan bensin. Kemungkinan besar hanya mesin bensin yang akan hadir di Indonesia.

Semua hal diatas bisa berubah terutama fitur yang diberikan, karena Kia akan menyesuaikan harga jual untuk bersaing di pasar Tanah Air. Kita tunggu saja dalam waktu dekat. (jp)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button