Otomotif

Toyota kembali Segarkan Model lain: Toyota GR 86

Setelah memperbarui model Supra pada tahun lalu dan disusul dengan beberapa sentuhan anyar serta penambahan model 2.000 cc, Toyota dikabarkan siap menyegarkan model lainnya yakni Toyota 86. Kali ini namanya disebut sebagai GR 86 dan dikatakan bakal diungkap awal Juli tahun depan.

Toyota 86 sendiri merupakan line-up atau model mobil Toyota yang terbilang sudah cukup usang. Toyota 86 sudah diluncurkan sejak 2012 lalu dan sampai saat ini belum mendapatkan penyegaran. Toyota 86 merupakan proyek kerja sama Toyota dengan Subaru. Pada merek Subaru, Toyota 86 memiliki nama Subaru BRZ.

Kabar penyegaran Toyota 86 tersebut datang dari orang dalam Toyota. Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari Motor1, Jumat (21/2), orang dalam yang tidak disebutkan namanya mengklaim bahwa model baru bisa diluncurkan pada awal Juli 2021.

Sumber tersebut juga mengklaim telah menerima foto dari presentasi internal Toyota yang mengungkapkan mobil sport baru. Dijuluki sebagai GR 86 oleh Toyota, mobil tersebut kabarnya akan diluncurkan dalam waktu kurang dari 18 bulan sebagai kendaraan model tahun 2022. Varian bermerek Subaru juga akan tiba pada waktu yang bersamaan.

Seperti dilansir Carscoops, baik 86 atau BRZ yang baru akan mengadopsi versi modifikasi dari arsitektur Toyota New Global Architecture (TNGA) baru dan mesin 2.0 liter boxer empat silinder akan diganti dengan mesin 2.4 liter turbocharged dari Subaru Legacy dan Outback.

Mesin ini diklaim lebih baik dan dapat menyemburkan tenaga sebesar 260 hp dan 277 lb-ft (375 Nm) dan akan memberi daya si kembar 86 dan BRZ beberapa performa ekstra yang sangat dibutuhkan.

Menariknya, Toyota baru-baru ini meluncurkan Supra di AS dan Eropa dengan entry-level 2.0-liter turbocharged empat silinder yang menawarkan 255 hp dan 295 lb-ft (400 Nm). Patut dinanti pabrikan mobil Jepang membedakan GR 86 dari basis Supra dan menjual kedua model pada saat yang sama.

Salah satu faktor pembeda utama antara GR 86 baru dan Supra kemungkinan adalah GR 86 akan tersedia dengan transmisi manual enam kecepatan. Sementara Supra tetap secara eksklusif untuk saat ini tersedia dengan ZF 8-speed otomatis. (jp)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close