Otomotif

Seri Baru Isuzu MU-X Ramaikan Pasar SUV

FaseBerita.ID – Tahun depan persaingan pasar sport utility vehicle (SUV) di Indonesia bakal kian menarik. Setelah pemerintah merevisi pajak pertambahan nilai barang mewah (PPnBM), pajak SUV dipastikan menjadi lebih rendah. Agen pemegang merek pun gencar menggenjot kembali line-up SUV mereka.

Salah satunya adalah PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, PT Isuzu Astra Motor Indonesia meluncurkan versi penyegaran MU-X yang hadir dalam varian baru, yaitu I Series.

”Sejak I Series diperkenalkan pada Juli 2019 lalu, total penjualannya sudah mencapai 139 unit,” ujar Marketing Division Head PT Astra International Tbk Isuzu Sales Operation Andy Dwi Zatmoko saat test drive Isuzu MU-X di Sukabumi, Kamis (14/11/2019) lalu.

Pasar SUV akan sangat menantang bagi Isuzu. Sebab, pada segmen itu, ada lawan-lawan tangguh seperti Pajero Sport, Fortuner, dan CR-V. Sebagai langkah strategis, Isuzu akan menambah line-up MU-X menjadi total tiga varian.

Dua varian, yakni S dan Z series, akan meluncur tahun depan. ”S dan Z series nanti diposisikan di atas MU-X I Series,” tambah Andy.

Langkah strategis lain yang disiapkan Isuzu dalam meningkatkan penjualan MU-X adalah mengincar segmen fleet. Menurut Andy, segmen tersebut potensial untuk mobil berjenis high SUV. ”Penetrasi Isuzu MU-X di segmen fleet memang menjadi target market baru kami,” katanya.

Sampai Oktober 2019, total penjualan Isuzu berada di angka 20.038 berdasar data Gaikindo. Isuzu mengalami penurunan 0,5 persen. Angka tersebut cukup kecil jika dibandingkan dengan penurunan pasar secara total yang mencapai 12 persen.

Selain berfokus pada SUV-nya, Isuzu terus mengembangkan pasar kendaraan komersial yang menjadi backbone penjualan. Pikap Isuzu Traga akhir tahun itu disebut akan diekspor ke sejumlah negara di Asia Tenggara. Filipina bakal menjadi negara pertama. Disusul kemudian oleh Vietnam.

”Kami akan melakukan ekspor untuk Isuzu Traga pada 12 Desember nanti,” ujar GM Marketing Isuzu Astra Indonesia Attias Asril.

Proses launching ekspor rencananya dimulai dari pabrik di kawasan Karawang 12 Desember mendatang. Dari Karawang, Isuzu Traga bakal dikirim ke Filipina dan sejumlah negara lain di Asia Tenggara. (jp)

Tags

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close