Otomotif

Selamat Tinggal GP Amerika 2020

FaseBerita.ID – Satu lagi seri MotoGP yang tersingkir dari kalender musim ini. Yakni, GP Amerika yang sejatinya berlangsung di Circuit of the Americas (COTA), Austin, pada 15 November mendatang. Penyebabnya apa lagi kalau bukan pandemi Covid-19 yang belum mereda di AS.

’’Horsepower Rodeo (alias rodeo kendaraan bertenaga kuda, sebutan event otomotif) kembali tahun depan dengan lebih besar dan lebih baik lagi,’’ tulis pernyataan resmi COTA dilansir Motorsport kemarin dini hari.

GP Amerika sebenarnya berlangsung pada 5 April, tetapi digeser ke November karena badai Covid-19 sedang kencang-kencangnya. Setelah pandemi virus korona jenis baru itu mereda di Eropa, MotoGP melansir revisi kalender balap musim ini yang berisi 13 seri.

Semuanya dihelat di Eropa. Jadwal non-Eropa bakal diputuskan akhir Juli ini. Eh, belum juga diputuskan, GP Amerika lebih dulu dibatalkan.

GP Amerika menyusul delapan seri lainnya yang dibatalkan sebelumnya. Yaitu, GP Qatar, Italia, Jerman, Finlandia, Belanda, Inggris, Jepang, dan Australia. Artinya, kini tinggal tiga race yang nasibnya belum diputuskan. Yakni, GP Thailand, Malaysia, dan Argentina.

Sementara itu, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta sudah punya rencana jika krisis akibat Covid-19 berlalu. Dia lebih memilih mempertahankan persaingan di grid ketimbang menambah jumlah seri di kalender balap. Menurut dia, rencana mengadakan 22 balapan pada musim 2022 sulit terwujud.

’’Itu juga akan bergantung vaksin Covid-19 sudah ditemukan atau belum. Jika vaksin belum ditemukan, kami harus menggelar sedikit balapan dan menggelar di antara sirkuit yang ada,’’ terang Ezpeleta. ’’Daripada banyak seri, sedikit seri dengan 15 atau 16 motor yang kecepatannya hanya berjarak kurang dari satu detik, itu yang harus kita jaga,’’ tandasnya. (JP)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button