Otomotif

Persaingan di GP Catalunya Bakal Sengit, Sama-sama Punya Peluang

FaseBerita.ID-Persaingan sengit bakal tersaji pada race GP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya besok (27/9). Empat rider teratas saat ini sama-sama punya kans untuk naik ke podium pertama. Mereka adalah jagoan Ducati Andrea Dovizioso, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha), Maverick Vinales (Monster Yamaha), dan Joan Mir (Suzuki Ecstar).

Ketat, lantaran perolehan poin empat pembalap itu sangat mepet di tabel klasemen sementara. Dovizioso memimpin klasemen dengan 84 poin. Hanya terpaut empat poin dari Mir yang berada di posisi keempat.

Sementara itu, Quartararo dan Vinales sama-sama mengoleksi 83 poin. Pertarungan mereka bakal memberikan sajian seru saat sesi kualifikasi nanti malam.

Apalagi, mereka mengisi posisi empat pembalap tercepat sejak sesi latihan bebas pertama kemarin (25/9). Quartararo melesat dengan catatan waktu 1 menit 40,431 detik. Disusul Dovi yang lebih lambat 0,430 detik. Mir tercepat ketiga, berjarak 0,629 detik. Sementara itu, Vinales lebih lambat 0,674 detik dari Quartararo.

GP Catalunya kali ini sekaligus jadi ujian konsistensi bagi mereka. Sedikit saja lengah dan gagal mengumpulkan poin terbanyak pada balapan esok, konfigurasi klasemen akan berubah. Dovi mengakui, selain GP Austria dan balapan pertama di Jerez tahun ini, dirinya tak sekuat dan secepat musim-musim sebelumnya.

’’Aku juga terkejut, aku saat ini memimpin klasemen. Tapi, ini musim yang gila karena semua pembalap berjuang di setiap balapan,’’ paparnya, sebagaimana dilansir situs resmi MotoGP.

Menurut Dovi, fakta tersebut membuat perolehan poin saat ini menjadi ketat. Belum ada pembalap yang benar-benar konsisten dari setiap seri.

Sebelumnya, Joan Mir menyita banyak perhatian pada dua balapan terakhir di Misano. Dia berhasil naik podium lewat penampilan apiknya pada lap-lap terakhir. Mir musim ini bukanlah pembalap rookie yang sulit beradaptasi di kelas premier seperti musim lalu.

Namun, pembalap Spanyol itu merendah. ’’Aku tidak merasa seperti penantang untuk perebutan gelar (musim ini),’’ ujarnya.

Ketika rekan setimnya, Alex Rins, mengalami cedera di awal musim, Mir tampil sebagai penyelamat wajah Suzuki.

Sejauh ini, dia sudah tiga kali naik podium. Dua di antaranya sebagai runner-up. Upaya yang sama bakal dia perlihatkan pada balapan di Barcelona kali ini.

Memang, persaingan top rider saat ini terasa agak hambar. Sebab, tak ada nama Marc Marquez di GP Catalunya kali ini. Dia masih menjalani pemulihan setelah operasi cedera lengan kanannya. Hingga kini, belum ada kepastian kapan Marquez kembali mengaspal.

Namun, dia tampak berada di paddock Honda di sela-sela persiapan menjelang GP Barcelona akhir pekan ini. ’’Aku ingin segera kembali ke lintasan. Tapi, kami akan melakukannya dengan sangat hati-hati, ketika semuanya (kondisi, Red) sudah 100 persen,’’ kata Marquez, seperti dilansir GP One.

Sementara, posisi Marquez digantikan Stefan Bradl. Dan, Marquez sudah menyongsong musim 2021. Untuk itu, dia juga menggelar pertemuan dengan teknisi Jepang di Circuit de Barcelona-Catalunya.(jp/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button