Otomotif

Mitsubishi Eclipse Cross Tawarkan Sensasi Berbeda, Pilihan Alternatif untuk Naik Kelas

Tahun ini, penetrasi PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), di segmen SUV tanah air tidak main-main.

Sejumlah model baru sudah dirilis, antara lain Mitsubishi New Triton, Eclipse Cross, Outlander PHEV, serta teranyar Mitsubishi Xpander Cross.

Pada kesempatan yang spesial, MMKSI menggelar media test drive di Pulau Bali, untuk menguji keandalan model-model Mitsubishi yang diluncurkan sepanjang 2019.

Rute yang disuguhkan cukup beragam, jalan berliku, menanjak dan menurun terhampar di sejumlah destinasi yang kami singgahi, seperti The View, Danau Tamblingan hingga kebun raya Bedugul.

Mengemudikan Eclipse Cross cukup menggugah gairah kami. Antimainstream, dan membawa kami benar-benar beda.

Walaupun tidak lebih dari 1 jam di balik kemudi, visibilitas kokpit Eclipse Cross memudahkan kami menembus perjalanan yang menantang.

Begitu pula fleksibilitas pengemudi terakomodir baik, berkat tata letak bagian-bagian yang diatur ringkas, termasuk membuat Eclipse Cross terasa mewah. Walaupun sebagian masih mengandalkan tuas untuk sebuah SUV berbanderol hampir setengah miliar rupiah itu.

Layar multi information display (MID) yang berada di head unit berkonsep head up display, antarmuka menggabungkan desain visual, interasi, dan infrastruktur informasi efisien.

Bagaimana soal performa? Sesi ini yang menurut kami sangat mewakili rute yang diberikan MMKSI.

Wilayah Tabanan, sekitar 35 km di sebelah barat dari Denpasar dengan ketinggian 2.000an mdpl. Jalur menanjak dan kemiringan hampir 40 derajat menjadi sesuatu yang menarik bagi Eclipse Cross.

Kendaraan berbobot 1.435 kg itu masih bisa diandalkan, sigap dan lincah. Mesin 1.499 cc MIVEC 4B40 berinduksi turbo, tidak mengecewakan. Transmisi jenis CVT 8-percepatan mengantarkan tenaga 148 Hp dan torsi 250 Nm tanpa jeda ke roda depan.

Dari danau Tamblingan menuju kebun raya Bedugul, suguhan trek meliuk menjadi daya pikat tersendiri. Beruntung paket setir ringan, tenaga bawah, sasis dan fitur seperti active yaw control membantu meningkatkan performa saat bermanuver.

Sebagai sebuah SUV perkotaan, Mitsubishi Eclipse Cross menawarkan sensasi berbeda. Harga di kisaran Rp481-486 juta, bisa jadi pilihan alternatif untuk naik kelas. (mg8/jpnn)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close