Otomotif

Lexus NX FWD Resmi Meluncur, Harganya Terjangkau

Lexus membuat jajaran NX secara harga lebih terjangkau. Yakni dengan memperkenalkan varian penggerak roda depan baru. Berdasarkan spesifikasi 300h dari crossover subkompak premium, model itu ditawarkan dengan harga yang terjangkau mulai dari USD 44.253 atau berkisar Rp 690 jutaan di Inggris. Harga itu lebih terjangkau dari pada versi AWD atau All Wheel Drive.

Dilansir dari Carscoops, pembuat mobil mewah asal Jepang yang menjadi bagian dari Toyota itu mengklaim bahwa membuang sistem penggerak AWD telah menurunkan emisi CO2 dari 171 menjadi 161 g per km.

Efisiensi bahan bakar juga dikatakan telah meningkat dari 37,1 menjadi 39,7 mpg Inggris (30,1-33,1 mpg AS / 7,6-7,1 liter per 100 km). Angka tersebut dikatakan membawa penghematan tahunan sebesar USD 407 atau setara dengan Rp 6,3 jutaan.

Mesin 2.5 liter dan kombinasi motor listrik tetap hadir pada model ekonomis ini dan menghasilkan 197 PS (195 HP / 145 kW). Untuk akselerasi, mesin tersebut diklaim mampu membawa mobil melesat dari 0-100 km / jam (0-62 mph) dalam 9,2 detik saja dan kendaraan dapat mencapai kecepatan tertinggi 180 km per jam (112 mph).

Sementara model NX AWD hadir dengan velg 18 inci, model FWD baru memiliki roda 17 inci saja. Perlengkapan standar juga mencakup lampu depan LED dengan Automatic High Beam, sensor parkir depan dan belakang, kaca spion samping lipat otomatis, dan kaca spion peredupan otomatis.

Kursi depan yang dapat disesuaikan, sistem infotainment 8 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto, kamera mundur, dan lainnya tetap hadir pada model FWD ini. Namun begitu, sistem navigasi Lexus hadir hanya sebagai opsi tambahan, bukan standar utama.

Seperti yang sudah ada, rangkaian sistem keselamatan Lexus Safety Sense datang tanpa biaya tambahan dan mencakup fitur-fitur seperti Traffic Sign Recognition, Lane Keep Assist, Pre-Collison Safety dan Adaptive Cruise Control.

“Entry-level NX baru sudah siap untuk diperebutkan di Inggris, tetapi pengiriman akan dimulai ketika kondisi yang berkaitan dengan izin pandemi Covid-19 saat ini,” jelas Lexus melalui keterangan resminya. (jpc/int)