Otomotif

Honda PCX160 Meluncur

Honda mulai melakukan pemanasan di awal tahun 2021 dengan mengawali meluncurkan PCX 160 di negara Gajah Putih alian Thailand. Negara ini menjadi negara yang pertama merilis skutik bongsor dengan kubikasi 160cc.

Banderol dipasaran untuk varian standar 85.900 baht atau sekitar Rp 39,8 juta (kurs 1 baht = Rp 463,7). Sedangkan untuk tipe ABS dibanderol 91.900 baht atau Rp42,6 juta).

Seperti dilansir dari situs resminya (AP Honda Thailand), Honda bukan hanya memberikan mesin baru saja kali ini. Tapi juga Honda memberikan rangka dan fitur anyar.

Dikatakan bahwa mesin yang digunakan pada Honda PCX baru itu adalah mesin KF47E satu silinder SOHC, empat katup, berinjeksi, dengan pendinginan cairan. Dengan bekal tersebut mampu memberikan semburan tenaga mencapai 15,5 hp dengan torsi 15 Nm.

Sedangkan rangka underbone yaitu duplex steel cradle diklaim lebih kuat namun berat lebih ringan. Ini membuat motor skutik bongsor memiliki berat kosong hanya 129 kilogram.

Sedangkan bicara dimensi, motor ini mempunyai panjang 742 milimeter (mm) dengan ground clearance-nya 134 mm, dan ketinggian jok dari tanah 764 mm.

Bukan hanya itu, sejumlah fitur canggir juga turut dibenamkan diantaranya Antilock Braking System (ABS). Serta fitur lain yang menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara yaitu Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Keberadaan fitur HSTC ini untuk mencegah ban belakang slip saat motor diajak berakselerasi. Sebagai informasi kalau Honda PCX160 mempunyai kapasitas tangki bahan bakar 8,1 liter. Sistem pengereman menggunakan rem cakram pada roda depan maupun belakang.

Peredam suspensi depan garpu teleskopik, sedangkan suspensi belakang baru dengan menggunakan ban ukuran 110/70 dengan pelek 14 inci di depan, dan ban 130/70 serta pelek 13 inci di belakang.

Sementara pada spidometer menggunakan teknologi digital lalu dilengkapi teknologi Smart key, lampu hazard, soket USB. Tak perlu khawatir dalam hal penyimpadan barang, karena mempunyai kapasitas bagasi 30 liter.

Bukan hanya PCX mesin mesin konvensional, Honda Thailand juga meluncurkan model terbaru PCX e:HEV atau PCX160 hybrid bermesin 157 cc dipadu dengan motor listrik. Varian ini dibanderol 107.500 baht atau sekitar Rp 49,8 juta. Tunggu saja kemunculannya di Indonesia. (jp/int)

iklan usi