Otomotif

Deretan Mobil Baru yang Diprediksi Meluncur di 2020

Pergantian tahun 2019 ke tahun 2020 sudah berlangsung. Beberapa Agen Pemegang Merek (APM) pastinya sudah menyusun rencana untuk mengeluarkan line up model baru. Banyak prediksi dari kalangan otomotif kalau tahun depan mobil jenis SUV dan mobil listrik yang banyak diluncurkan.

Tak hanya merek pabrikan Jepang, investor merek China yang membangun pabrik di Indonesia juga tak mau kalah. Kehadiran mobil dan model baru di 2020 diperkirakan masih menggairahkan untuk pasar otomotif Tanah Air.

Ada beberapa model yang diprediksi rencanannya akan meluncur di 2020 dengan rentang harga Rp250 juta hingga Rp700 juta. Harga ini masih menjadi magnet konsumen dalam negeri di tahun depan dengan diimbangi fitur kekinian.

Toyota Prius PHEV

Siapa yang tak kenal merek Toyota? Rencanannya penguasa pasar mobil di Indonesia ini menyiapkan mobil “go green” dengan emisi rendah. Ya, rencanannya Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) akan meluncur tahun depan.

Toyota Prius PHEV yang diprediksi meluncur pada awal 2020. (JawaPos.com – Eko Putra).

Sebenarnya pihak Toyota sempat mengungkapkan kalau Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle akan melunjur di akhir 2019. Namun hingga hari ini belum terealisasikan. Sangat dimungkinkan kalau mobil hybrid ini akan meluncur di 2020. Bahkan Wakil Presiden PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto sudah memastikan mobil plug-in hybrid Toyota akan diperkenalkan pada awal 2020.

Honda City 1.000 cc dan Jazz

Di 2029 pihak Honda di Indonesia sedang melakukan studi terkait dua mobil ini. Pasalnya, dua mobil yang bermain di sekmen yang berbeda ini cukup laris di pasar otomotif tanah air. Tak salah diantara studi Honda menyelipkan studi mengenai ketertarikan konsumen pada dua mobil itu.

Sebagai informasi Honda City 1.000 cc sudah tampil dulu di Thailand, sedangkan Jazz generasi terbaru sudah dimunculkan di Jepang pada pameran otomotif Tokyo Motor Show 2019. Rumor santer yang beredar dari pihak Honda akan mengeluarkan di 2020 namun waktu persisnya masih belum jelas.

Mitsubishi Pajero Sport

Merek yang fenomenal dengan small MPV-nya yaitu Xpander juga berencana akan memunculkan Pajero Sport. Di Thailand Pajero Sport dengan gubahan baru telah meluncur lebih dulu pada Juli 2019. Perubahan facelift Pajero Sport terlihat pada pada bagian wajah yang mempertegas identitas mobil Mitsubishi melalui desain ‘dynamic shield’.

Mitsubishi Indonesia sudah memastikan bila model baru Pajero Sport tidak meluncur di Tanah Air tahun 2019, namun tidak mengelak mengenai peluncurannya di Indonesia pada tahun 2020.

Suzuki XL7

Santer terdengar hingga di Tanah Air model Suzuki crossover juga akan hadir tahun depan. Prediksi yang ada pihak Suzuki akan menjual XL6 di Indonesia, dimana model ini sudah lebih dulu di jual di India.

Angka enam pada XL6 mempunya maksud kode mobil ini hanya menampung enam penumpang dengan konfigurasi 2+2+2. Jok baris tengah menggunakan tipe captain-seat. Sedangkan Di Indonesia, XL6 kemungkinan berubah menjadi ‘XL7’ dengan konfigurasi 2+3+2 tanpa captain seat.

Suzuki XL7 yang didesain memakai basis Ertiga rencananya masuk ke pasar low Sport Utility Vehicle (SUV). Sedangkan XL6 yang ada di India tetap low Multi Purpose Vehicle (MPV). Dalam peluncuran New Baleno beberapa waktu lalu Suzuki Indonesia sempat mengamini bakal menjual mobil itu di Tanah Air, bahkan dengan skema produksi lokal.

Nissan Leaf dan Kicks

Tak mau kalah dengan merek lainnya Nissan Indonesia diprediksi akan meluncurkan sejumlah mobil baru. Diantara prediksi yang ada adalah Kicks sebuah crossover yang posisinya berada di bawah X-Trail dan Terra. Bahkan tak menutup kemungkinan Nissan Kicks akan masuk Indonesia untuk menggantikan Juke.

Selain itu Nissan juga diprediksi meluncurkan mobil listrik Leaf dimana hal ini sesuai komitmen Nissan Motor Indonesia meluncurkan produk mobil ramah lingkungan tanpa emisi gas buang. Bahkan dimungkinkan mobil ini dirakit lokal di pabrik Nissan Indonesia bekas produksi mobil-mobil merek Datsun.

DFSK Glory i-Auto

Merek Cina juga tak mau kalah, produsen Sokonindo Automobile merek DFSK rencanannya menyuguhkan mobil baru di Indonesia dengan meluncurkan Glory i-Auto. Mobil ini disebut menjadi varian tercanggih mobil DFSK dalam jajaran keluarga Glory, selain 580 dan 560.

Fitur i-Talk mampu membuat pengemudi atau penumpang bisa mengoperasikan sistem tertentu dengan memberi perintah suara. Sistem seperti ini sebelumnya sudah ada pada Wuling Almaz, melalui WIND. Sistem i-Talk hanya bisa mengerti bahasa Inggris, dan menerima 59 macam perintah suara. Sementara fitur mobil kompetitor Almaz telah disesuaikan dengan perintah suara bahasa Indonesia.

Selain Glory i-Auto DFSK juga berencana akan meluncurkan mobil listrik E3 di 2020. Pabrikan dikabarkan telah melakukan studi termasuk untuk urusan memproduksinya di Indonesia. Pada beberapa pameran otomotif nasional E3 sudah beberapa kali diperkenalkan, namun hanya sebatas barang pajangan.

Wuling SUV Listrik

Pabrikan Cina Wuling diprediksi akan meluncurkan SUV bertenaga listrik pada tahun depan, kepastian rencana Wuling terungkap melalui Airlangga Hartarto saat itu masih menjabat sebagai Menteri Perindustrian. Menurut Airlangga Wuling berpotensi meluncurkan mobil listrik SUV.

Tak hanya SUV, Wuling juga mempunyai dua mobil berbasis listrik yaitu E100 dan E200 yang sudah dipamerkan di Indonesia. Namun belum diketahui apakah akan meluncur tahun depan atau tidak.

Wuling E100 belum dilaunching di Indonesia karena menunggu regulasi soal kendaraan zero carbon.

Bagi Anda yang tahun 2020 ini berencana membeli mobil baru, siapkan dana untuk meminang salah satu mobil. Banyak pilihan dari berbagai segmen mulai konvensional dan mobil hybrid. (jp)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close