Otomotif

Akhirnya, Quartararo!

FaseBerita.ID – Berakhir sudah penantian Fabio Quartararo akan kemenangan perdana di kelas premier MotoGP. Quartararo akhirnya jadi juara di MotoGP Spanyol 2020.

Quartararo memulai balapan seri perdana MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7) malam, dari posisi terdepan. Namun, pebalap Petronas Yamaha itu sempat disalip Maverick Vinales di tikungan pertama.

Quartararo kemudian mengambil alih pimpinan balapan di tikungan terakhir di lap kesembilan. Vinales sendiri mulai kesulitan gara-gara ban depannya.

Quartararo akhirnya mampu mempertahankan posisinya di urutan terdepan sampai balapan tuntas. Ini jadi kemenangan pertama untuk tim satelit Yamaha di era MotoGP.

Quartararo juga jadi pebalap Prancis pertama dalam 21 tahun yang juara di kelas premier MotoGP. Sebelum Quartararo, rider Prancis terakhir yang naik podium tertinggi di MotoGP adalah Regis Laconi di Valencia pada 1999.

Kemenangan ini seakan menuntaskan rasa penasaran pebalap berusia 21 tahun itu. Pada MotoGP 2019 lalu, Quartararo yang baru jadi rookie tampil begitu impresif dan digadang-gadang bakal meraih kemenangan.

Di sepanjang musim 2019, Quartararo sempat enam kali merebut pole position. Namun tak satu pun yang mampu ia konversi jadi kemenangan.

Pole position pertama pada musim lalu diraih Quartararo di MotoGP Spanyol. Namun dia malah gagal finis. Dalam lima pole berikutnya, empat di antaranya berakhir dengan finis podium untuk Quartararo.

“Ini tentu momen paling membahagiakan dalam hidup saya,” ujar Quartararo usai balapan.

“Rasanya aneh balapan tanpa fans, sejujurnya saya ingin merayakan bersama mereka. Tapi balapan ini untuk mereka, untuk semua yang terdampak COVID-19, juga untuk orang tua dan keluarga saya,” katanya.

Marquez Bisa Absen di Andalusia

Nasib sial buat Marc Marquez yang terjatuh di MotoGP Spanyol dan lengannya retak. Rider Repsol Honda itu harus dioperasi dan bisa absen pekan depan.

Pada balapan MotoGP Spanyol 2020 di sirkuit Angel-Nieto, Jerez, Minggu (19/7/2020) malam WIB, Marquez mengalami crash saat balapan tersisa empat lap lagi. Motor yang ditungganginya tidak bisa dikendalikan dan dia terpelanting sampai terguling-guling.

Marquez langsung mendapat pertolongan medis usai terjatuh dan dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani pemindaian. Dari hasil pemindaian itu, ternyata diketahui lengan atas Marquez mengalami keretakan.

Alhasil Marquez bakal diterbangkan ke Barcelona pada 20 Juli untuk menjalani operasi keesokan harinya di Hospital Universitari Dexeus, bersama Dr Xavier Mir dan timnya. Insiden ini tentu mengancam peluang Marquez untuk tampil di MotoGP Andalusia pekan depan.

Sebab tim Repsol Honda belum bisa memastikan waktu pemulihan pascaoperasi tersebut. Beruntung bagi Marquez adalah dia tidak mengalami trauma atau cedera serius di bagian kepala.

Jika harus absen pekan depan, maka ini kerugian bagi Marquez karena dia akan melewatkan dua seri dan berpengaruh pada misinya mempertahankan gelar juara dunia musim ini. Sebab pesaing terkuatnya, Fabio Quartararo, baru saja menjuarai MotoGP Spanyol.

Sementara, Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso, yang senantiasa merepotkan Marc Marquez juga finis podium di balapan itu. Demikian pernyataan resmi tim balap Repsol Honda. (dc/int)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker