News

YP Sultan Agung, MBI dan BSS Foundation Bagikan 600 Paket Sembako

SIANTAR, FaseBerita.ID– Yayasan Perguruan Sultan Agung, Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Pematangsiantar dan BSS Foundation berbagi kasih kepada warga Kota Pematangsiantar yang terdampak Covid-19 secara ekonomi, Minggu (25/4). Kegiatan berlangsung di Lapangan YP Sultan Agung, Jalan Surabaya, Kelurahan Dwikora, Siantar Barat.

Ketua Panitia Bakti Sosial, Wartini kepada wartawan mengatakan, kegiatan sosial dalam bentuk pembagian 600 paket sembako ini dilakukan dalam menyambut Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 BE, sekaligus menyambut datangnya Idul Fitri 1442 H. Bakti sosial ini dilakukan atas kerjasama Yayasan Perguruan Sultan Agung, MBI dan BSS Foundation.

“Terima kasih kepada Ketua Yayasan Perguruan Sultan Agung Bapak Aken. Karena berkat beliau acara bisa berlangsung. Terima kasih juga untuk Ketua BSS Foundation Yap Seng Tat dan Tjonga Ika dari MBI. Juga kepada para donatur yang telah menyumbangkan paket sembako,” katanya.

Ia menjelaskan, masyarakat yang mendapat bantuan berupa paket sembako ini adalah masyarakat yang secara sosial ekonomi masih kekurangan. Pemberian sembako dilakukan tanpa melihat dan membeda-bedakan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).

“Jadi 600 paket sembako ini dibagikan kepada warga yang sudah kami data sebelumnya. Secara sosial ekonomi, penerima paket ini masih kekurangan. Mereka berasal dari Kota Pematangsiantar dan ada juga beberapa yang berasal dari Kabupaten Simalungun,” kata Wartini.

Dia menambahkan, paket yang diberikan bernilai kurang lebih Rp250 ribu dalam bentuk sembako, dengan rincian antara lain, beras, minyak goreng, sarden, mie lidi, kornet, kecap, mi instan, susu, teh, aneka snack dan roti, bihun dan biskuit kaleng. Ada juga masker dan hand sanitizer. Hal itu untuk memberikan perlindungan demi mencegah virus Covid-19.

Ia berharap, kedepan akan banyak pihak yang mengikuti jejak mereka, yakni berbagi kepada sesama warga yang membutuhkan. “Kalau kita melakukan ini rutin, tiga bulan sekali. Apalagi di masa Covid-19 belakangan. Semoga kedepan semakin banyak warga yang bisa kita bantu,” tukasnya.

Ketua BSS Foundation Yap Seng Tat mengatakan, momen bakti sosial ini sengaja dilakukan menjelang Lebaran. “Ya kan ini menjelang Lebaran, jadi kita bisa meringankan sedikit beban warga yang membutuhkan jelang Hari Raya Idul Fitri. Apalagi ini juga kan baru saja Hari Raya Waisak, jadi momennya belum begitu jauh, makanya kita gandeng saja,” ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan Tjonga Ika dari Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Pematangsiantar. Menurutnya, sungguh menjadi kebanggaan bagi mereka bisa berbagi dengan masyarakat. “Semoga bantuan ini dapat membantu mengurangi beban masyarakat secara sosial ekonomi yang masih kurang akibat dampak wabah Covid-19,” ujarnya.

Amatan wartawan, satu per satu warga yang sudah dipilih dan mendapatkan kupon memasuki lapangan Yayasan Perguruan Sultan Agung dengan serangkaian pemeriksaan protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker dan menggunakan hand sanitizer.

Tak hanya itu, satu per satu penerima kupon diwajibkan masuk bilik sterilisasi. Setelah itu, semuanya secara bergiliran menukarkan kupon dengan sembako yang disediakan oleh panitia.
Acara penyerahan sembako secara simbolis juga dilakukan oleh Ketua BSS Foundation Yap Seng Tat dan TJonga Ika dari MBI, serta Ketua Yayasan Perguruan Sultan Agung, Aken yang diwakili Poling Ardi.(hez/fabe)