News

Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul Gelar Turnamen Catur

TAPUT, FaseBerita.ID – Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul menggelar Turnamen Catur antar pelajar se-Tapanuli Utara untuk kembali membangkitkan minat terhadap olahraga catur sekaligus memunculkan pecatur-pecatur Batak yang saat ini dinilai sudah redup.

“Atlet catur dari orang Batak sudah mulai redup. Kalau kita lihat dulu, atlet catur dari orang Batak, semisal Baris Hutagalung, Salor Sitanggang, dan Sutan Aritonang sangat diperhitungkan di tingkat nasional. Jadi itulah tujuan kita gelar turnamen catur ini,” sebut Penasihat Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul, Resman Sitompul, Kamis (8/8/2019).

Disebutkan, penyelenggaraan turnamen tersebut diproyeksikan untuk menstimulasi kemampuan bermain catur putra-putri Batak khususnya di Taput agar menjadi pecatur yang mampu bersaing ke tingkat nasional.

“Turnamen ini digelar murni untuk menciptakan atlet-atlet profesional dari Tapanuli Utara, dan juga untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-74 tahun 2019. Kegiatan ini digelar murni untuk memotivasi dan menempa atlet catur yang profesional dari Taput,” jelasnya.

Ditegaskan, sebagai ‘out put’ dari pagelaran turnamen catur, para juara nantinya akan difasilitasi untuk bertanding ke tingkat nasional.

“Kita juga bangga melihat pelajar di Taput ini yang masih mencintai permainan catur,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Yayasan Mula P Sitompul juga menyampaikan bahwa turnamen yang dihelat hari ini diikuti oleh pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK.

Di mana, pelajar tingkat SD terdata sebanyak 78 peserta, SMP sebanyak 146 peserta, dan SMA/SMK sebanyak 148 peserta.

“Total jumlah peserta dalam turnamen yang dilaksanakan di Desa Sitompul, Kecamatan Siatas Barita ini diikuti oleh 372 pelajar,” ungkapnya.

Total hadiah yang diperebutkan senilai Rp39 juta dalam turnamen yang berlangsung selama 6 hari, yakni mulai Kamis (8/8/2019), hingga Selasa (13/8/2019).

“Hari ini masih babak penyisihan. Pemberian hadiah akan dilakukan pada 15 Agustus 2019, dan langsung diserahkan oleh Pembina Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul,” urainya.

Adapun pengurus kegiatan dalam kepanitian turnamen, masing-masing, Ketua Panitia Surung Lumbantobing, dan Sekretaris Roy Simanjuntak.

Resman Sitompul selaku Penasihat Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul juga tampil dalam agenda pembukaan turnamen catur antar pelajar se-Taput itu yang digelar di Desa Sitompul, Kecamatan Siatasbarita, Tapanuli Utara. (ant/int)