News

Yakin Tenun Ulos Makin Dikenal Dunia, Satika Simamora Promosikan Produk UMKM Taput

FaseBerita.ID – Ketua Dekranasda Tapanuli Utara Satika Simamora menghadiri pertemuan bersama Ketua Dekranasda Sumut Ny Nawal Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua Dekranasda Sumut Ny Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah terkait program kerja Dekranasda Sumut di The Kaldera Toba Nomadic Escape Desa Sibisa Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Senin (10/2) lalu.

Saat meninjau produk Dekranasda Tapanuli Utara, istri Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut menunjukkan kekagumannya akan tenun ulos dengan motif Taput dan juga berbagai produk kreasinya serta berharap produk Taput kembali meraih prestasi di tingkat nasional.

“Semoga tenun ulos Taput kembali meraih juara I pada berbagai perlombaan tingkat nasional. Saya yakin di tangan ibu Satika Simamora, Dekranasda Tapanuli Utara ini akan mampu memperkenalkan Tenun Ulos semakin dikenal dunia luas, Saya melihat keseriusan dan keuletan Ketua Dekranasda Tapanuli Utara untuk membina para pengrajin,” jelas Nawal Lubis.

Ketua Dekranasda Sumut tampil dengan mengenakan outer berbahan kreasi tenun ulos motif Mangiring dan dan Wakil Ketua mengenakan bermotif Jugiyah yang merupakan produk UKM Tapanuli Utara. Rombongan Ketua Dekranasda Sumut juga memborong berbagai produk Dekranasda Taput, termasuk tenun ulos yang sedang dikerjakan penenun.

Pada kesempatan tersebut, Satika Simamora menjelaskan bagaimana tenun ulos memiliki kualitas terbaik, termasuk melakukan berbagai kreasi, sehingga para petenun tetap semangat ditengah pandemi saat ini.

“Kita bersama Dekranasda Taput akan semakin giatkan segala upaya dalam memajukan tenun ulos Tapanuli Utara termasuk promosi dan pembinaan para petenun. Kita perlu melakukan pembinaan bagaimana corak tenun itu semakin diminati, bagaimana bahan tenun itu semakin baik sehingga nilai jualnya semakin tinggi, termasuk pemakaian pewarna benang dari bahan alami,” ucap Satika Simamora.

“Kita tidak akan bosan untuk memperkenalkan produk-produk UMKM, termasuk tenun ulos Tapanuli Utara dengan corak dan motif lokal. Semoga dengan berbagai upaya kita ini, para penenun ulos kita akan semakin mampu meningkatkan perekonomian keluarga terutama akibat pandemi covid saat ini,” harap istri Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan ini.

Pada kegiatan yang diikuti beberapa Dekranasda kabupaten se-kawasan Danau Toba itu, Dekranasda Tapanuli Utara menampilkan berbagai tenun ulos seperti harungguan, bintang maratur, sibolang rasta, bintik dan juga sadum serta berbagai kerajinan hasil kreasi dengan memadukan tenun ulos seperti kreasi masker, sortali, tas tangan dan kipas. (as/fabe)